Biem Benjamin : Ikon KeBetawian Harus Teraplikasi kan

Megapolitan99 Dilihat

Biem Benyamin Di antara Nara sumber

Biem Triani Benyamin Sueb Kiri Diantara Narasum Diskusi Budaya FPPJ

Markaberita.id – Jakarta.

Banyaknya gedung-gedung swasta yang berdiri di Jakarta tetapi sangat disayangkan gedung-gedung tersebut belum menampilkan bahkan membuat ornament-ornamen Kebetawian walaupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memiliki Perda tentang Budaya Betawi.

Biem Benyamin selaku tokoh Betawi anak dari Seniman Legendaris Almarhum Benyamin Sueb saat sebagai pembicara dalam diskusi yang dilakukan oleh Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) dikawasan srengseng Sawah, Jakarta Selatan (2/2/23) mengatakan, Jakarta banyak gedung tetapi disetiap Gedung ini tidak ada yang menunjukkan ornamen-ornamen Kebewatian semua masih biasa-biasa saja.

Perda Kebudayaan sudah mengatur tentang ornament-ornamen Budaya Betawi seperti Ondel-ondel, baju batik Betawi, bir pletok, kebaya kerancang, baju sadariye, kerak telor, dan yang lainnya.

Baca Juga  FPPJ Dukung HBH Bangun Track Jogging Tubagus Angke Pemborosan Anggaran

Budaya Betawi itu banyak yang bisa digali bahkan dikembangankan, tambahnya. Biem Benjamin Sueb, menghimbau kepada anak-anak muda untuk terus menjaga, mempertahankan bahkan mengembangkan Budaya Betawi jangan sampai Budaya Betawi tergerus oleh Jaman dengan mendorong Budaya Betawi sebagai muatan lokal (Mulok).

“Anak muda sekarang lemah dalam berkomunikasi, maka dari itu perlu dikembangkan gaya-gaya pendekatan baru kepada anak-anak muda Betawi dalam mengembangkan Budaya Betawi dan sangat diharapkan seluruh ornament-ornamen Betawi bisa teraplikasikan diseluruh gedung yang ada di Jakartaagar Budaya Betawi tidak hilang oleh jaman, tegas Biem.(Red)

Komentar