Turut Semarakkan HBP Ke-59, Petugas Lapas Banjarbaru Ikuti Turnamen Catur Online Antar ASN Kemenkumham Tingkat Nasional

Nasional77 Dilihat

Banjarbaru, Markaberita.id – Dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 tahun 2023, Lapas Kelas IIB Banjarbaru mewakili Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel berpartisipasi dalam Turnamen Catur Online ASN Kemenkumham RI Tingkat Nasional.

 

Turnamen tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), secara luring terpusat di Graha Bakti Pemasyarakatan Lantai 6 Ditjenpas, pada Senin (13/03/2023) Kemarin.

 

Sementara itu, satu (1) orang petugas Lapas Banjarbaru bersama tiga (3) orang petugas Lapas Narkotika Karang Intan mengikuti turnamen secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting di Aula Lapas Banjarbaru.

 

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan turnamen catur online ini sebagai wadah menjalin silaturahmi bagi ASN Kemenkumham RI di seluruh Indonesia.

 

“Ada 5 orang petugas dari berbagai UPT mewakili Kantor Wilayah, 1 orang diantaranya adalah petugas Lapas Banjarbaru. Semoga bisa melangkah maju hingga menorehkan prestasi,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Kalapas Amico menyampaikan permainan catur tidak hanya sarat dengan strategi dan konsentrasi, namun juga seni kehidupan yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai seorang ASN.

 

“Permainan catur memiliki nilai filosofis yang mencerminkan strategi kehidupan. Setiap langkah yang diambil, akan menentukan bagaimana situasi ke depan. Untuk itu, kita sebagai ASN perlu sikap bijaksana dalam langkah dan keputusan untuk menghindari risiko buruk kedepannya,” tutur Kalapas Amico

 

Petugas Lapas Banjarbaru, Hasan Mubarak menjelaskan turnamen ini menggunakan catur online Lichess Swiss melalui browser dan live kamera zoom sesuai protokol federasi catur dunia (FIDE) pada babak penyisahan serta kontrol waktu 10 menit increment 3 detik.

 

“tadi bermain sebanyak 9 babak dengan lawan yang berbeda-beda UPT setiap babaknya. Tentu menjadi pengalaman berharga dan bangga bisa turut serta menyemarakkan HBP Ke-59 melalui turnamen catur online ini,” ungkap Hasan.

Komentar