9 Teknologi yang Terdapat dalam Layanan BPO Contact Center

Ekonomi17 Dilihat

9 Teknologi yang Terdapat dalam Layanan BPO Contact Center

Untuk mendukung contact center, layanan BPO Contact Center menyediakan lebih dari satu teknologi pendukung operasional layanan pelanggan bisnis

Di era digitalisasi yang kini tengah berlangsung, tuntutan pelanggan terhadap pelayanan bisnis yang lebih baik semakin meningkat, mengharapkan pelayanan yang lebih unggul, responsif, dan efisien. Dengan memberikan perhatian khusus pada ketiga aspek ini, bisnis dapat menciptakan kesan bahwa pelanggan menjadi prioritas utama, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Sebagai opsi alternatif, bisnis memiliki opsi untuk mengandalkan layanan dari pihak ketiga, seperti BPO Contact Center. Dengan demikian, bisnis dapat menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. BPO Contact Center menyajikan berbagai macam teknologi terkini yang mendukung peningkatan efisiensi serta mutu pelayanan pelanggan dalam bisnis.

Apa Itu BPO Contact Center?

BPO Contact Center merupakan suatu strategi bisnis di mana perusahaan menyewa jasa pihak ketiga, yang dikenal sebagai penyedia layanan BPO, untuk mengelola sebagian atau seluruh aspek layanan pelanggannya. Dalam konteks pusat kontak atau contact center, layanan BPO melibatkan pengelolaan interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi seperti telepon, obrolan, email, dan media sosial.

Teknologi yang Terdapat di dalam Layanan BPO Contact Center

Berikut ini adalah sembilan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam layanan BPO Contact Center:

Sistem Telephony

BPO Contact Center juga menawarkan sistem telephony yang mempermudah manajemen panggilan masuk dan keluar, serta mengarahkan panggilan ke agen yang tepat.

Sistem Omni-channel

Layanan BPO Contact Center menyediakan sistem contact center omni-channel, memungkinkan agen berinteraksi melalui berbagai saluran komunikasi seperti telepon,  pesan teks, email, media sosial, dan lainnya.

Baca Juga  Aspire Luncurkan Program “Aspire for Startups”, Untuk Mendukung Startup Generasi Selanjutnya di Asia

Chatbot

Layanan BPO Contact Center juga menghadirkan chatbot yang memberikan respons otomatis terhadap pertanyaan pelanggan melalui chat, mengurangi waktu tunggu, dan memberikan jawaban cepat.

Robocall

Teknologi robocall digunakan untuk mengirim pesan suara otomatis kepada pelanggan, memberikan informasi penting atau promosi.

SIP Trunk Provider

Melalui protokol SIP, layanan BPO Contact Center menyediakan konektivitas untuk panggilan suara dan video melalui jaringan data.

BSP WhatsApp

Integrasi dengan platform populer seperti WhatsApp dapat membantu dalam memberikan dukungan pelanggan melalui pesan singkat.

Digital Monitoring Terintegrasi

Layanan BPO Contact Center dilengkapi dengan alat digital monitoring yang memungkinkan bisnis memantau aktivitas pelanggan di media sosial secara real-time, untuk memberikan respons cepat atas umpan balik pelanggan.

Premium Number Provider

BPO Contact Center juga menyediakan premium number yang dapat memberikan layanan unggulan kepada pelanggan berbayar.

Tech Support 24/7

Dukungan teknis 24/7 juga disediakan oleh BPO Contact Center untuk membantu pelanggan mengatasi masalah teknis terkait produk atau layanan yang mereka gunakan.

Cara Pilih Layanan BPO Contact Center yang Cocok dengan Bisnis Anda

Dalam memilih layanan BPO contact center yang sesuai untuk layanan pelanggan bisnis Anda, ada beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan:

Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Pertama, identifikasi saluran komunikasi yang paling relevan dengan audiens Anda. Apakah pelanggan cenderung berkomunikasi melalui media sosial, chat, atau panggilan suara? Memahami preferensi pelanggan akan membantu Anda memilih teknologi yang sesuai.

Teknologi Skalabilitas

Pilihlah teknologi yang dapat dengan mudah ditingkatkan seiring pertumbuhan bisnis Anda. Fleksibilitas untuk menyesuaikan kapasitas layanan dengan pertumbuhan akan memastikan kelancaran operasional dalam jangka panjang.

Baca Juga  Lentera Merilis Aplikasinya dengan Mengadakan Diskusi Literasi “Buku Cetak vs Buku Digital: Membangun Ekosistem Literasi yang Kolaboratif dan Multifaset”

Sistem Integrasi

Pastikan teknologi yang Anda pilih dapat terintegrasi dengan sistem dan platform yang sudah ada dalam bisnis. Integrasi yang lancar memungkinkan data dan informasi pelanggan dapat diakses secara efisien di seluruh platform.

Perhatikan Keamanan

Keamanan data pelanggan dan informasi sensitif lainnya harus menjadi prioritas utama. Pastikan bahwa layanan BPO contact center yang Anda pilih memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi data pelanggan.

Kemampuan Analisis

Pilihlah teknologi yang mampu memberikan wawasan dan analisis yang bermanfaat tentang perilaku dan preferensi pelanggan bisnis Anda. Informasi ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam meningkatkan layanan pelanggan dan pengalaman mereka.

Tips Pilih Layanan BPO Contact Center yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih layanan BPO Contact Center yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda:

Lakukan Riset

Sebelum memutuskan, lakukan riset mendalam mengenai teknologi yang tersedia dalam layanan BPO Contact Center. Bandingkan fitur-fitur yang ditawarkan dan identifikasi bagaimana setiap fitur dapat memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda.

Konsultasikan dengan Pakar

Tanyakan kepada para pakar di layanan BPO Contact Center untuk mendapatkan pandangan dan rekomendasi mereka. Mereka memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teknologi yang paling sesuai dengan berbagai jenis bisnis.

Lakukan Uji Coba

Sebelum mengadopsi teknologi secara penuh, lakukan uji coba terlebih dahulu. Uji coba ini dapat membantu Anda memahami bagaimana teknologi berfungsi dalam konteks bisnis Anda dan apakah sesuai dengan harapan Anda.

Baca Juga  Pasar Kripto Menguat, Investor Beralih ke Altcoin untuk Raih Keuntungan

Pertimbangkan Dukungan Pelanggan

Pastikan bahwa layanan BPO Contact Center yang Anda pilih memiliki dukungan pelanggan yang baik. Anda akan memerlukan bantuan teknis dan pemecahan masalah, jadi pastikan layanan tersebut dapat memberikan dukungan yang memadai.

Rencanakan Implementasi

Sebelum mengadopsi teknologi, perencanaan implementasi sangat penting. Rencanakan dengan matang bagaimana teknologi tersebut akan diintegrasikan dalam operasional bisnis Anda, termasuk pelatihan karyawan dan pemantauan kinerja setelah implementasi.

Percayakan Ivosights Sebagai Partner Terpercaya dalam Teknologi BPO Contact Center!

Peranan teknologi dalam layanan BPO Contact Center memiliki dampak signifikan terhadap interaksi pelanggan, efisiensi operasional, dan reputasi perusahaan. Dengan memahami berbagai macam teknologi yang tersedia dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda dapat meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan Anda dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar yang kompetitif.

Cara untuk memiliki teknologi tersebut sangat mudah, cukup jalin kerjasama dengan layanan BPO Contact Center dari Ivosights, ini adalah pilihan yang sangat bijaksana. Ivosights menawarkan berbagai macam teknologi customer engagement seperti Whatsapp Business API, sistem omni-channel, dan digital listening tools. Ketiga platform yang ditawarkan ini dapat terintegrasi dengan sistem bisnis yang sudah ada melalui API Integration. Keamanan dan standar produk serta layanan Ivosights sudah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO). Jangan ragu untuk menghubungi tim Ivosights segera untuk mendapatkan layanan BPO Contact Center yang tepat untuk kebutuhan Anda!

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES