Laporan Data Terpusat di Barantum CRM, Bikin Layanan AnterAja Makin Efektif

Ekonomi20 Dilihat

Laporan Data Terpusat di Barantum CRM, Bikin Layanan AnterAja Makin Efektif

Semakin dikenalnya AnterAja di masyarakat, menuntut AnterAja untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan bisnisnya. AnterAja berinisiatif untuk memadukan bisnisnya dengan teknologi terkini agar operasional bisnis semakin efektif. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, AnterAja memilih Barantum CRM untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang layanan jasa logistik, AnterAja bertujuan untuk memberikan kemudahan dan solusi logistik dengan menyediakan berbagai layanan pengiriman. Perusahaan yang mulai beroperasi sejak tahun 2019 ini berkembang pesat dan diminati masyarakat sebagai salah satu pilihan layanan jasa logistik terpopuler. Terlebih saat pandemi, membuat para Satria, sebutan untuk kurir AnterAja memperoleh banyak pengiriman yang perlu diantar.

Semakin dikenalnya AnterAja di masyarakat, menuntut AnterAja untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan bisnisnya. AnterAja berinisiatif untuk memadukan bisnisnya dengan teknologi CRM agar operasional bisnis semakin efektif. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, AnterAja memilih Barantum CRM untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka.

“Dulu sebelum adanya Barantum, semua orang bekerja tanpa adanya tools atau alat bantuan apa pun. Artinya, semua data disimpan sendiri, semua file yang dipakai untuk kolaborasi juga disimpan sendiri. Jadi, itu yang akan sangat menyulitkan ketika kita harus bekerja bareng-bareng,” ucap Mutiara Muslim, Head of IT Digital Office AnterAja.

Baca Juga  Kesehatan Mental Karyawan dan Produktivitas

Selama 3,5 tahun bekerja di AnterAja, membuat Mutiara menjadi salah satu karyawan yang mengetahui sepak terjang perjalanan AnterAja hingga menjadi salah satu penyedia layanan logistik terdepan di Indonesia. Hingga akhirnya AnterAja menggunakan Barantum CRM pada tahun 2020 lalu.

“Sebelum menggunakan Barantum, record semua activity di online document di mana online document itu tidak bisa kita proteksi sedemikian rupa dan tipe-tipe data juga tidak bisa kita atur. Namun, dengan adanya Barantum, semuanya jadi standard,” kata Mutiara.

“Lalu, ada masa di mana kita sebagai perusahaan yang mengedepankan teknologi perlu memikirkan bagaimana mendigitalisasikan proses-proses yang ada di perusahaan ini. Dimana Barantum menjadi solusi kami dalam area CRM, baik di sisi sales dan after sales support-nya.”

Semenjak tiga tahun pemakaian Barantum CRM, Mutiara mengatakan bahwa penggunaan sistem Barantum sudah cukup luas, mulai dari divisi sales yang dipermudah dalam mengatur leads sampai deal hingga meningkatkan layanan tim customer service untuk after sales support-nya.

“Secara penggunaan, Barantum mudah untuk dipakai.Selain fleksibel, bisa dipakai di mobile atau web application, menurut saya Barantum bisa digunakan dari berbagai kalangan usia ataupun pendidikan,” ungkap Mutiara.

Baca Juga  Telkom Indonesia dan Game Developer Malang Sukses Gelar Playtest: 12 Game Indie Raih Antusiasme Tinggi

Tidak hanya dari sisi penggunaan yang user friendly dan fleksibel, Mutiara juga merasa sangat terbantu dari fitur-fitur unggulan Barantum CRM.

“Fitur Barantum itu sendiri saya amat sangat terbantu dengan out of the box solution-nya. Di mana untuk di part divisi sales, sistem ini sudah mengatur dan mengkonfigurasikan aplikasinya sedemikian rupa dengan general proses yang biasanya terjadi pada aktivitas sales. Ditambah untuk me-record semua data yang dibutuhkan sampai level fleksibilitasnya juga bisa diatur. Jadi self service tools-nya itu cukup membantu.”

“Barantum juga sudah mempunyai fitur Workflow yang akan mendukung untuk proses otomatisasi yang diperlukan pada proses-proses tertentu. Dan, secara produktivitas AnterAja jadi cukup meningkat. Karena di fase ketika kita sedang menggunakan Barantum data-data itu sudah centralized semua tersimpan di satu tempat. Semua distandardisasikan tergantung dari apa yang kita config datanya. Untuk generate, mengolah, dan exporting data itu sekarang sudah cukup mudah,” ujar Mutiara menjelaskan pengalamannya menggunakan Barantum.

Tidak hanya dari sisi kualitas sistem, Barantum pun memiliki kualitas yang baik dalam layanan pelanggannya. Mutiara mengatakan, bahwa respons tim Barantum cepat tanggap dan mudah menghubungi tim Barantum dari berbagai saluran komunikasi. “Respons tim Barantum yang saya tahu selama ini selalu siap sedia. Dan, secara channel mereka cukup open. Jadi kita bisa menghubungi langsung dari aplikasi Barantum, contact center, atau bisa juga melalui WhatsApp Official Barantum. Jadi, kami cukup banyak akses untuk meminta bantuan atau support dari respons tim Barantum,” ucap Mutiara.

Baca Juga  Harga Shiba Inu Melonjak Tajam, Apakah Terlambat Beli Token SHIB Sekarang? Ini Analisisnya!

Mengakhiri pembicaraan, Mutiara mengatakan bahwa di segala jenis bidang usaha memiliki aktivitas sales dan after sales. Di masa digitalisasi jika menggabungkan proses customer relationship management dengan digitalisasi sistem Barantum, bisa menjadi solusi untuk bisnis.

Barantum adalah sebuah perusahaan penyedia layanan CRM dan Call Center terkemuka di Indonesia. Sebuah aplikasi yang dirancang untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi kerja team Sales agar mampu meningkatkan kinerja Divisi Sales dan Marketing.

Website: https://www.barantum.com
WhatsApp: https://wa.me/6281281888636
Facebook: https://www.facebook.com/barantumcom
Instagram: https://www.instagram.com/barantumcom
LinkedIn: https://id.linkedin.com/company/barantum-com
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC4FIvBDYZ4fGChcfU4D_FoQ

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES