Menyongsong Masa Depan Industri Minyak dan Gas: Mengapa Sertifikasi API 936 Penting?

Ekonomi22 Dilihat

Menyongsong Masa Depan Industri Minyak dan Gas: Mengapa Sertifikasi API 936 Penting?

Di tengah tuntutan nyata dalam dunia industri, standar API 936 semakin dikenal. Dalam konteks industri minyak dan gas yang terus berkembang, kebutuhan akan pemeliharaan refraktori yang efektif cukup menjadi perhatian.

Di tengah tuntutan nyata dalam dunia industri, standar API 936 semakin dikenal. Dalam konteks industri minyak dan gas yang terus berkembang, kebutuhan akan pemeliharaan refraktori yang efektif cukup menjadi perhatian.

API 936 menjadi panduan yang sangat relevan dalam mengatur pemeliharaan dan inspeksi refraktori, menawarkan pendekatan terukur dan terpercaya untuk menjaga performa optimal dan keandalan dalam operasi industri. Dalam situasi ini, pemahaman mendalam tentang standar API 936 menjadi semakin penting baik bagi para tenaga ahli maupun perusahaan yang ingin menjaga standar kualitas dan keselamatan dalam lingkungan kerja yang dinamis dan kompetitif.

API 936 adalah standar yang ditetapkan oleh American Petroleum Institute (API) yang mengatur tentang pemeliharaan refraktori dalam industri minyak dan gas. Refraktori adalah material tahan panas yang digunakan dalam peralatan dan instalasi industri yang terpapar suhu tinggi, seperti dalam tungku, pemanas, dan peralatan lainnya.

Baca Juga  Intip Harapan Peserta Program UMKM Untuk Indonesia untuk Transformasi Digital 2024

Sadar akan betapa pentingnya pemahaman dan implementasi standar API 936, PetroSync meluncurkan program pelatihan baru yang akan membahas secara mendalam tentang standar API 936. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para peserta mengenai prinsip-prinsip penting terkait pemeliharaan refraktori.

“Di pelatihan API 936, akan ada pedoman praktis untuk melakukan inspeksi dan perbaikan linings yang sudah ada, kriteria untuk pengujian lapangan dan penerimaan instalasi refraktori baru, serta sertifikasi vendor untuk bahan sebelum pengiriman. Jadi akan sangat lengkap dan menyeluruh,” ujar Sendy Kosada sebagai CEO/COO PetroSync.

Dalam program ini, Sendy memastikan bahwa peserta akan mendapatkan ilmu mengenai langkah-langkah pemilihan, pemasangan, inspeksi, dan pemeliharaan refraktori sesuai dengan standar API 936. Ia yakin bahwa pemahaman yang mendalam tentang standar ini akan memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional, kualitas, dan keselamatan di lingkungan kerja yang terus berubah dan kompetitif.

Baca Juga  Musisi Luar Biasa .arif, Virtuoso Eks-Tunanetra, Keluarkan Emosi di Single Terbaru: " old fireworks "

Standar API 936 sendiri berisi pedoman dan petunjuk mengenai pemilihan, pemasangan, inspeksi, dan pemeliharaan refraktori guna memastikan kinerjanya yang optimal dan aman dalam kondisi operasional yang ekstrem. Penting bagi perusahaan minyak dan gas untuk melakukan pemasangan refraktori yang tepat karena faktor kritikal yang terkait dengan efisiensi operasional dan keselamatan.

Mengingat API 936 memiliki penerapan yang luas dalam berbagai sektor industri, tempat pemeliharaan refraktori berperan penting dalam menjaga kelangsungan operasi dan keberlanjutan tiap industri yang menerapkannya. Pemasangan refraktori yang kurang tepat dapat mengakibatkan retak, deformasi, atau kebocoran pada peralatan yang terpapar suhu tinggi dan tekanan, seperti dalam tungku, pemanas, dan kiln.

Pemasangan yang benar membantu memastikan bahwa refraktori dapat berfungsi sebagaimana mestinya, menjaga kekokohan peralatan, serta mencegah terjadinya kerusakan akibat perubahan suhu ekstrem. Selain itu, pemasangan yang tepat juga berdampak pada efisiensi termal, distribusi panas yang merata, dan kinerja keseluruhan peralatan.

Baca Juga  Puluhan Produk UMKM Kabupaten Bekasi Menyapa Pengunjung Aeon Mall

Oleh karena itu, perusahaan dan manufaktur terkait perlu memahami pentingnya pemasangan refraktori dengan standar yang sesuai dan mengikuti panduan yang ditetapkan dalam standar API 936. Pengetahuan dalam pemeliharaan refraktori juga diperlukan untuk menjaga integritas dan keselamatan operasi. Para tenaga ahli tentu harus paham standar ini agar bisa menerapkan metode pemeliharaan yang sesuai demi operasi yang aman dan efisien.

Petrosync didirikan di Singapura pada tahun 2010 dan memulai ekspansinya ke Indonesia semenjak 2012. Hingga kini, PetroSync telah menjadi perusahaan pelatihan minyak dan gas terkemuka dengan instruktur Internasional bersertifikat resmi seperti API, ASME, CMRP, dan lain sebagainya.

Name: PetroSync Global International
Phone number: +6531590800
Email address: [email protected]

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES