Keren! Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Raih Penghargaan Humas Jabar Awards 2023

Daerah62 Dilihat

BANDUNG (Markaberita.id) – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sebagai Kontributor Kabupaten Of The Year dalam ajang Humas Jabar Awards 2023, yang dilaksanakan di Gedung Sate, Bandung, pada Sabtu (02/09/23).

Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap peran aktif Humas Pemkab Bekasi dalam rangka smart branding kinerja pemerintah daerah kepada khalayak umum. Termasuk keaktifannya dalam menjadi kontributor berita untuk website Pemerintah Provinsi Jabar, Jabarprov.go.id.

“Secara tupoksi memang ketika kita merilis berita, juga men-share ke Jabar di tingkat regional, disamping itu juga kita share untuk tingkat nasional dalam rangka publikasi tentang Kabupaten Bekasi. Sebagaimana data yang ada, bahwa untuk rilis di website Bekasikab.go.id, periode Januari sampai awal September sudah sekitar 1.590 berita,” ucap Yan Yan.

Baca Juga  Harga Beras Semakin Melonjak, Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Gelar Operasi Pasar

Yan Yan menyebutkan, masifnya penyampaian informasi melalui laman resmi website Pemkab Bekasi (Bekasikab.go.id) menjadi poin penting dalam meningkatkan citra pemerintah daerah yang lambat laun menjadi kiblat pergerakan good news di Kabupaten Bekasi.

“Targetnya kita mencoba terhadap pemberitaan di lingkup regional Jawa Barat, maupun nasional dengan berita yang good news dan berkualitas tentang pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Yang Yan mengatakan, untuk Humas Jabar Awards berikutnya, Diskominfosantik akan meningkatkan kualitas untuk kategori lainnya, seperti medsos agar jauh lebih baik di tahun depan.

Selain itu, dalam memaksimalkan penyebarluasan berita dan informasi, Diskominfosantik juga bekerja sama dengan berbagai media lokal dan nasional.

Baca Juga  Bey Machmudin Tinjau Banjir Kertajati _Cek TPS Terendam, Ada 26_

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosantik, Rhamdan Nurul Ikhsan menambahkan, indikator yang dinilai dalam ajang Humas Jabar Awards 2023 sebagai Kontributor Of The Year untuk Jabarprov.go.id. Kategori pemerintah kabupaten/kota yang memiliki kontribusi baik dan paling banyak dalam penyampaian press release di tingkat provinsi. Dan Diskominfosantik telah berhasil menjadi salah satu terbaik bersama tiga kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

“Rilis berita merupakan salah satu tupoksi kami di bidang IKP, yang di bawahnya kita punya Divisi Newsroom sebagai tim liputan berita secara konvergensi, baik reporter, fotografer dan videografer, yang sehari-harinya melaksanakan tugas untuk meliput berita di lingkup Kabupaten Bekasi, mulai dari kegiatan Bupati, Sekda, SKPD maupun instansi vertikal lainnya hingga desa,” kata Rhamdan.

Baca Juga  Forum Santri Bekasi Pertanyakan Alasan Bawaslu Tunda Sidang Putusan PPK Cikarang Barat

Dia menyebutkan, saat ini Kabupaten Bekasi menjadi satu-satunya di tingkat Jawa Barat yang sudah memiliki Divisi Newsroom, dimana di dalamnya terdapat ruang berita khusus di dalam tubuh pemerintahan.

Rhamdan berharap, masifnya penyampaian berita dan informasi melalui website resmi Pemkab Bekasi dapat menjadi jendela informasi untuk memberikan pengetahuan kepada publik tentang program apa yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Jadi kami dari Diskominfosantik berharap untuk seluruh perangkat daerah dan stakeholder lainnya, di era keterbukaan informasi saat ini, dimana masyarakat butuh informasi, kami berharap perangkat daerah bisa lebih aktif dan partisipatif dalam penyampaian program-program yang perlu disampaikan kepada masyarakat,” terangnya. (*)

Komentar