HARI OEANG RI Eni Rohyani: Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Kendalikan Inflasi

Daerah82 Dilihat

Markaberita,idKOTA BANDUNG — Pelaksana Harian Pj. Sekretaris Daerah Eni Rohyanimengajak semua pihak menjadikan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) sebagai momentum stabilisasi ekonomi Jabar.

Stabilisasi ekonomi dapat dicapai dengan mengendalikan inflasi dan menjaga tren positif pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan pengembangan UMKM.

“Membangun perekonomian Jabar bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, namun harus dilakukan secara sinergi kolaboratif berbagai pihak,” ujar Eni Rohyani.

Di satu sisi, masyarakat pun perlu didorong untuk meningkatkan literasi keuangan, agar keuangan keluarga tertata dan terencana sehingga relatif tahan krisis serta memiliki masa depan kehidupan yang menjanjikan.

Peringatan HORI ke-77 diselenggarakan di Gedung Dwi Warna Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro No. 59, Kota Bandung, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga  Disbudpora Kabupaten Bekasi Gelar Kegiatan Pentas Seni Budaya Di Pergantian Tahun Baru 2024

HORI ke-77 di Jabar diisi berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, donor darah, lomba cerdas cermat, serta bazar dan ekspo produk-produk UMKM.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, inflasi Indonesia pada 2023 tercatat 2,28 persen (yoy) per 27 Oktober 2023.

Inflasi ini lebih rendah dari target inflasi Bank Indonesia sebesar 3,0 sampai 4,0 persen. Sementara di Jabar sendiri inflasi tercatat pada angka 3,47 persen (yoy) pada bulan Agustus 2023.

“Pemda Provinsi Jabar tentu saja tidak tinggal diam. Kami telah melakukan operasi pasar murah (OPM), subsidi distribusi dan pemantauan harga di pasar-pasar, serta melakukan kerja sama antardaerah untuk memasok kebutuhan pangan,” jelas Eni.

Baca Juga  Diskominfo Jabar Gelar Forum Perangkat Daerah Bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian

Eni juga mengapresiasi gelaran bazar dan ekspo produk-produk UMKM pada peringatan HORI. UMKM, kata Eni, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta pada tahun 2023. Eni mengatakan bahwa UMKM memiliki kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Lebih dari itu, UMKM juga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan pemerataan ekonomi.

“Saya meyakini bahwa ekspo UMKM yang diselenggarakan pada hari ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan menciptakan lapangan kerja dengan cara mendorong masyarakat untuk membeli produk dan jasa UMKM,” papar Eni.

“Dengan semangat kolaborasi dan inovasi antar-stakeholders, diharapkan UMKM dapat terus dikembangkannya agar dapat memberikan kontribusi yang lebih baik, dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas,” imbuhnya.

Baca Juga  Miris Rumah Boan Warga Kampung Penombo Tanggul Rubuh Diduga Tertiup Angin Kencang

Acara peringatan HORI ke-77 ini turut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Keuangan Jabar Heru Pudyo Nugroho, Kepala Kanwil DJP Jabar I Erna Sulistyowati, Kepala Kanwil DJP Jabar II Harry Gumilar, Kepala Kanwil DJP Jabar III Lucia Widiharsanti, dan tamu undangan lainnya.

*HUMAS JABAR*
*Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar*
*Ika Mardiah*

Komentar