Eksport Industri Kosmetik Lokal Tembus USD 601 Juta

Daerah60 Dilihat

Jakarta – markaberita.id

Fashion, Beauty, and Lifestyle Indonesia akan menjadi tuan rumah acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Acara digelar untuk pelaku industri kosmetik di Indonesia agar dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan membangun jaringan dengan rekan-rekan seprofesi serta pihak terkait sehingga masyarakat semakin mencintai produk kosmetik lokal.

Ni Nyoman Ambareny, Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan, mengatakan bahwa dengan tema “Yang Lokal Semakin Fenomenal”, Cosmetic Day 2023 diharapkan dapat membantu kosmetik lokal dalam memperkuat posisinya di pasar Indonesia dan bahkan mendapatkan kesempatan untuk diekspor ke pasar internasional.

Baca Juga  Paska Cuti Bersama Dan Libur Idul Fitri, Kecamatan Sukakarya Gelar Apel Pagi

“Kami menggandeng 20 perusahaan IKM kosmetik binaan Kementerian Perindustrian untuk memamerkan produk mereka di Cosmetic Day 2023,” ungkapnya.

Acara Cosmetic Day 2023 menyajikan berbagai rangkaian acara, termasuk Temu Bisnis bagi pelaku industri kosmetik, Beauty & Business Talkshow, Beauty Workshop, serta pameran produk kosmetik dari 20 perusahaan IKM binaan Kementerian Perindustrian.

Idho Nugroho, Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya bangga dapat bekerja sama dengan Ditjen IKMA Kemenperin karena visi dan misi mereka sejalan dengan program UKM Fashionbeautypreneurship yang telah berjalan sejak tahun 2021 yang diprakarsai oleh Stylo Indonesia. Cosmetic Day juga bekerja sama dengan program Srikandi Untuk Negeri yang baru diluncurkan oleh Stylo Indonesia pada Juni 2023 lalu, dengan fokus pada peran wanita Indonesia di industri UKM.

Baca Juga  Bey Machmudin Tinjau Lokasi Banjir Ujungjaya

“Sebagai kolaborator Cosmetic Day 2023, kami juga melibatkan berbagai pihak lain seperti perwakilan Putri Indonesia, mahasiswa dari Program Studi Tata Rias, serta influencer beautypreneur inspiratif Indonesia yang telah sukses membangun brand kosmetik lokal,” jelas Idho.

Di dalam talkshow, akan diangkat berbagai topik menarik termasuk minggu legalitas produk kosmetik, inovasi bahan kosmetik, kebijakan Wajib Halal 2026, tips branding usaha kosmetik, hingga wirausaha di bidang kosmetik.

Acara Cosmetic Day 2023 didukung oleh Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (PERKOSMI), Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika (PPAK), Mustika Ratu, Yayasan Puteri Indonesia, ParagonCorp, Wardah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Srikandi Pintar Indonesia, NAMA Beauty, Universitas Negeri Jakarta, Hairess Home, Srikandi untuk Negeri, dan Kimia Farma.

Baca Juga  Disiapkan Upaya Antisipasi untuk Kelancaran dan Keamanan Mudik Lebaran 2024

“Dalam kegiatan ini kami mengundang semua pelaku industri kosmetik untuk dapat bergabung dalam Cosmetic Day 2023, sambil mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan dan memamerkan produk-produk kulit, rambut, dan kecantikan mereka kepada masyarakat Indonesia yang semakin sadar akan kebutuhan akan produk kosmetik yang berkualitas dan aman. Kami berharap bahwa acara ini akan menjadi kesempatan berharga untuk pelaku industri kosmetik dan juga memperkuat posisi produk lokal dalam persaingan di pasar nasional maupun internasional. Mari bersama-sama memaksimalkan potensi industri kosmetik Indonesia, pungkasnya. (Red)

Komentar