Dorong Pertumbuhan dan Inovasi, inDrive Dukung Ekosistem Startup Asia Tenggara melalui Program upDrive di Jakarta

Ekonomi29 Dilihat

JAKARTA – inDrive, salah satu perusahaan terkemuka dunia dalam industri mobilitas, berhasil menyelenggarakan acara upDrive di Jakarta, yang bertujuan untuk memberdayakan ekosistem startup di Asia Tenggara. Program ini, yang merupakan bukti dedikasi perusahaan dalam mendorong inovasi dan memacu pertumbuhan ekonomi di salah satu pasar paling menjanjikan di dunia, telah menerima banyak penghargaan setelah acara peluncurannya yang sukses.

Inisiatif upDrive merupakan landasan komitmen inDrive untuk memupuk inovasi dan mendorong kemakmuran ekonomi di Asia Tenggara dengan memberdayakan para pelaku startup. Dengan fokus pada penyediaan sumber daya, bimbingan, dan peluang jaringan, program ini berupaya untuk memperkuat lanskap startup di kawasan ini, mendorongnya ke tingkat kesuksesan baru dan relevansi global.

Daria Shubina, Head of Startup Programs, inDrive (kanan), Assem Omar, Startup Program Manager inDrive (kiri)

Acara pembukaan di Jakarta menyambut beragam peserta internasional, dari Malaysia, Kamboja, Thailand, Filipina, Singapura, dan Indonesia, yang dengan penuh semangat terlibat dalam lokakarya, sesi mentoring, dan aktivitas networking sepanjang acara. Beberapa pembicara terkemuka dari perusahaan global hadir untuk memberikan sesi wawasan kepada para peserta, antara lain Telkom Indonesia, Bain & Company, Techsauce, Trihill Capital, Indogen Capital, Indelible Ventures, Vynn Capital, Techo Startup Center, dan Endeavour Indonesia.

Baca Juga  Indosaku Hadir : Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan Digital Dalam Fintech Lending Days 2024

Daria Shubina, Head of Startup Programs, inDrive menyatakan antusiasmenya terhadap keberhasilan program ini, dengan menyatakan, “Jumlah peserta yang hadir dan antusias pada acara perdana kami di Jakarta melebihi ekspektasi kami. Sungguh menginspirasi menyaksikan berbagai kelompok individu berbakat berkumpul, bertukar ide, dan mendorong inovasi. Ini hanyalah awal dari misi kami untuk menciptakan riak di ekosistem startup di kawasan ini dan mendorong perubahan positif.”

Sesi diskusi oleh para peserta upDrive

“Peserta sekarang mempunyai waktu satu bulan untuk mempertimbangkan ide-ide mereka sebelum mereka dapat mengajukan permohonan hibah kami, yang diberikan untuk membantu mewujudkan inisiatif baru atau mendukung inisiatif yang sudah ada – program, acara, atau inisiatif lain apa pun untuk mendukung wirausaha lokal; misalnya coworking space, inkubasi atau program akselerasi. Ini bisa dilakukan secara lokal atau kolaborasi dengan kolega dari negara lain (tetapi harus dilakukan di wilayah ini). Kami akan memilih tiga inisiatif yang paling menarik dan mendanainya dengan hibah $15.000, sehingga memberi mereka waktu setengah tahun untuk merealisasikan rencana mereka,” tambah Daria. 

Baca Juga  Terra Drone Indonesia Kembali Dipercaya Lakukan Survey Garis Pantai Prioritas untuk Badan Informasi Geospasial (BIG)

Jesslyn Gunawan, dari Trihill Capital, menceritakan pengalamannya mengikuti program upDrive sebagai salah satu penggiat dunia startup, “Program upDrive selama 3 hari untuk para pendukung ekosistem startup di Asia Tenggara membekali kami dengan pengetahuan dan wawasan yang sangat berharga. Saya belajar banyak dari studi kasus dan lokakarya, diperkaya dengan praktik kehidupan nyata yang dibagikan oleh peserta dari Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja, dan banyak lagi. Terima kasih kepada tim startup inDrive yang memelopori inisiatif ini! Saya bangga menjadi bagian dari angkatan pertama di Asia Tenggara dan bersemangat untuk memulai kolaborasi yang akan membentuk masa depan ekosistem startup di Asia Tenggara.”

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES