PJ Gubernur DKI Jakarta Resmikan Lima Bus Sekolah Untuk Siswa Penyandang Disabilitas

Megapolitan86 Dilihat

Jakarta, Markaberita.id
PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, secara resmi meluncurkan operasional lima bus sekolah berkebutuhan khusus di Pendopo Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (17/1/2024) pagi.

Peluncuran bus tersebut juga dihadiri puluhan pelajar yang didampingi orang tua dan guru dari sejumlah Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jakarta.

Heru Budi mengatakan, kehadiran lima armada bus sekolah tersebut untuk membantu mengakomodasi pelajar berkubutuhan khusus.

“Hari ini kita hadir dalam peluncuran bus sekolah berkebutuhan khusus. Penyediaan lima armada bus sekolah bagi siswa disabilitas di Jakarta menjadi penyemangat untuk orang tua anak yang membutuhkan perhatian khusus,” ujar Heru.

Dia mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta secara bertahap akan meningkatkan pelayanan serta menambah armada bus sekolah untuk memenuhi sarana akomodasi bagi siswa disabilitas di Jakarta.

Baca Juga  Biem Benjamin : Ikon KeBetawian Harus Teraplikasi kan

“Kami akan terus menambah armada bus sekolah berkebutuhan khusus. Sesuai kebutuhan berdasarkan data, Pemprov DKI membutuhkan sebanyak 80 armada bus sekolah, namun 2024 baru mengoperasikan lima armada bus,” ungkapnya.

Heru juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran SLB Negeri 8 dan 9 serta pengurus Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kebayoran Baru untuk terus mendampingi anak disabilitas bersekolah.

“Saya juga mengajak warga Jakarta untuk terus memberikan semangat bagi anak disabilitas bersekolah,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan, kelima armada bus sekolah khusus penyandang disabilitas yakni satu bus beroperasi untuk rute Rorotan-Marunda (SLB Negeri 8); Plumpang-Sunter Kemayoran (SLB Negeri 9); dan tiga armada bus tujuan akhir menuju Sekolah YPAC Kebayoran Baru.

Baca Juga  PPDI Kota Depok Sharing Bersama ibu Yeti Wulandari Wakil Ketua DPRD Mengenai Perda Disabilitas

“Tiga bus sekolah tujuan ke sekolah YPAC berangkat dari Kalideres di Jakarta Barat, Muara Baru di Jakarta Utara, dan Lubang Buaya di Jakarta Timur,” jelasnya.

Dia menuturkan, penyediaan kelima armada bus sekolah khusus penyandang disabilitas yang mulai dioperasikan pada Januari 2024 sesuai identifikasi awal jumlah siswa disabilitas menuju ke tiga sekolah berkebutuhan khusus di Jakarta.

“Kami akan menambah armada bus sekolah berkebutuhan khusus pada 2025 dan akan melakukan evaluasi dari pelaksanaan operasional selama 2024,” tuturnya. (Red).

Komentar