Diskominfo – BPS Sinkronisasi Desk Data Jabar _Persiapan Publikasi ‘Jabar 2024 dalam Angka’_

Daerah35 Dilihat

Markaberita.id

KOTA CIMAHI – Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat melaksanakan Desk Data Provinsi Jawa Barat pada 29 – 31 Januari 2024.

Desk Data dilakukan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, dihadiri perwakilan staf perangkat daerah di Jabar, serta diskominfo kabupaten dan kota.

Kemudian dilakukan _zoom meeting_ untuk perangkat daerah di seluruh kabupaten dan kota untuk konfirmasi dan verifikasi data.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jabar mengatakan, Desk Data Diskominfo – BPS bertujuan untuk melaksanakan penjaminan kualitas data statistik sektoral dari perangkat daerah yang akan ditampilkan dalam publikasi ‘Jawa Barat 2024 dalam Angka.’

Baca Juga  Dubes Indonesia untuk Inggris Minta English for Ulama Terus Dikembangkan

Ketua Tim Integrasi Pengolahan dan Diseminasi BPS Provinsi Jawa Barat Yudi Purbosari menambahkan, BPS telah menemukan beragam permasalahan dalam pengecekan data statistik sektoral yang tersedia.

Permasalahan di antaranya inkonsistensi data yang disebabkan penggunaan konsep dan definisi yang tidak seragam, serta _cut off_ pengambilan data yang berbeda.

Permasalahan konsep dan definisi yang tidak seragam ini, banyak terjadi pada data-data yang bersifat kumulatif berasal dari kabupaten dan kota, sehingga angka yang dirilis oleh provinsi tidak sama dengan penjumlahan angka dari kabupaten dan kota.

Melalui kegiatan Desk Data ini disepakati yakni, pertama, kesepakatan dalam penggunaan konsep dan definisi yang sama.

Kedua, pengambilan waktu _cut off_ data yang sama. Ketiga, pengecekan kembali untuk data yang belum konsisten terutama dari segi waktu.

Baca Juga  Bey Machmudin: Manfaatkan GGM Majalengka dengan Kegiatan Produktif dan Positif

Selanjutnya, untuk finalisasi pada data-data yang belum konsisten ataupun yang masih bersifat sementara akan dilaksanakan rapat lanjutan seperti Focus Group Discussion.

“Mari kita tunggu kegiatan penjaminan kualitas data di tahapan selanjutnya untuk mewujudkan Publikasi Jawa Barat yang berkualitas,” tutup Yudi Purbosari.

*HUMAS JABAR*
*Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar*
*Ika Mardiah*

Komentar