Terra Drone Indonesia Sukses Gelar Acara Demo Day: Tampilkan dan Demonstrasikan Drone Industri Terkemuka

Ekonomi8 Dilihat

Terra Drone Indonesia sukses menggelar acara “Demo Day” yang dihadiri oleh lebih dari 20 perusahaan terkemuka. Dalam acara tersebut didemonstrasikan berbagai drone dan kelengkapannya seperti drone terbaru seperti DJI M300 RTK dan sensor DJI Zenmuse L2 untuk kebutuhan survei dan pemetaan dan dan Elios 2 untuk kebutuhan inspeksi di area terbatas dan tertutup.

Terra Drone Indonesia, perusahaan penyedia jasa dan teknologi drone industri, telah sukses menyelenggarakan acara Demo Day pada tanggal 29 Februari 2024 lalu di Felfest UI, Depok. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi perusahaan dari berbagai sektor industri untuk mengeksplorasi solusi inovatif dalam penggunaan drone khususnya untuk kebutuhan inspeksi dan survei. Acara Demo Day ini dihadiri lebih dari 20 perusahaan ternama antara lain PT Nindya Karya (Karya), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Badan Informasi Geospasial, PT Pertamina (Persero), PT Elnusa Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero), PLN, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dan perusahaan lainnya dari berbagai sektor industri. 

Baca Juga  Sinergi Tanoto Foundation dan KarirLab Dalam Membangun Generasi Unggul

Terra Drone Indonesia menampilkan berbagai macam drone yakni antara lain drone DJI M300 RTK, Mavic series, Elios 2, Swellpro Splash Drone, VTOL Raybe dan DJI Agras T20P. Selain drone, turut pula ditampilkan alat perlengkapan untuk kebutuhan survei antara lain Magnetic GRP, Sensor LiDAR DJI Zenmuse L2, Zenmuse H20T, Zemunse L2, GNSS Emlid RS3. Berbagai teknologi tersebut merupakan teknologi terbaru dan paling sering digunakan untuk berbagai pekerjaan oleh Terra Drone Indonesia, serta tentunya  dapat mempermudah dan membantu operasional perusahaan industri.

Para peserta Demo Day melihat-lihat berbagi drone yang ditampilkan

Selain ditampilkan berbagai produk drone, acara demo day diisi oleh presentasi hingga demonstrasi pengoperasian drone untuk inspeksi dan survei. Dalam kesempatan tersebut, Terra Drone Indonesia menjelaskan berbagai pemanfaatan drone serta mendemonstrasikan langsung drone Elios yang memang digunakan untuk kebutuhan inspeksi area terbatas dan tertutup seperti tangki dan pipa. Dengan pengalaman pekerjaan menggunakan drone Elios, inspeksi pada aset industri terbukti dapat dilakukan tanpa memerlukan kehadiran manusia di tempat yang berpotensi berbahaya, sehingga meningkatkan keamanan dalam proses inspeksi.

Baca Juga  Surplus Indonesia dan AEON Mall Menjalankan "Aksi Bersama untuk SDGs"

Demonstrasi drone Elios di acara Demo Day

Selain itu, turut pula dilakukan presentasi dan demonstrasi drone DJI M300 RTK yang dilengkapi dengan payload sensor LiDAR Zenmuse L2 yang digunakan untuk kebutuhan survei dan pemetaan. Berbeda dengan demonstrasi drone elios yang dilakukan di dalam ruangan,  demonstrasi drone untuk survei ini dilakukan di area luar gedung, masih sekitar kampus UI yang dipenuhi dengan pepohonan. Melalui demonstrasi ini, sensor Zenmuse L2 terbukti mampu mengumpulkan lebih banyak data point cloud dalam waktu yang lebih singkat. Kamera pemetaan RGB yang terintegrasi dengan sensor CMOS 4/3 juga memberikan gambar berkualitas tinggi, yang dapat memberikan informasi yang sangat berguna dalam survei.

Kegiatan Demo Day dibuka langsung oleh Managing Director Terra Drone Indonesia, Michael Wishnu Wardana. Dalam kesempatannya, Michael Wishnu mengungkapkan “Melalui acara ini, diharapkan bisa menjadi wadah penghubung yang bermanfaat bagi kami untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pemanfaatan drone kepada para perusahaan industri. Melihat antusiasme para peserta, serta dengan keberhasilan acara ini menunjukkan potensi besar dalam pengembangan teknologi drone di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan produktivitas dalam berbagai industri.”

Baca Juga  Pertama Kali Luncurkan Penghargaan Asia Education Medal T4 Education dan HP Serukan Changemakers Indonesia Untuk Melangkah Maju

Melalui acara demo day ini, Terra Drone menunjukan komitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik dan solusi terkini bagi pelanggan. Terra Drone Indonesia sendiri sudah 7 tahun melayani perusahaan industri dengan menyediakan berbagai jasa mulai dari pemetaan, pemodelan, inspeksi, pemantauan hingga pelatihan drone yang rutin diadakan setiap bulannya. Terra Drone Indonesia juga menjadi distributor dan reseller resmi untuk berbagai produk drone terkenal antara lain DJI Enterprise, Quantum system, Beta UAS, Agisoft Metashape dll. Para perusahaan industri maupun peminat drone dapat melihat berbagai jasa dan teknologi kami di www.terra-drone.co.id.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES