Tips Membuat Ruang Tamu Minimalis yang Elegan dan Homey

Ekonomi12 Dilihat

Image

Ruang tamu merupakan ruangan utama dalam sebuah rumah yang sering menjadi pusat perhatian. Berhubung sering digunakan buat menerima tamu, tentu bagian ini perlu didesain sebaik mungkin. Salah satu desain yang popular masa ini adalah ruang tamu minimalis yang elegan dan homey.

Menciptakan ruang tamu minimalis elegan dan nyaman menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Desain ruang tamu minimalis menekankan pada kesederhanaan. Namun, dengan sentuhan tepat, ruangan ini bisa menjadi tempat yang indah dan menyenangkan. Bukan hanya untuk Anda tetapi juga tamu saat berkunjung. Nah, berikut ini adalah lima tips menciptakan ruang tamu minimalis yang elegan dan homey, ya!

Pilih Furnitur yang Sesuai

Furnitur adalah elemen penting dalam ruang tamu yang dapat menentukan atmosfer sebuah ruangan. Berhubung akan membuat ruang tamu berkonsep minimalis, Anda perlu memilih furnitur sederhana agar sesuai tema. 

Bisa dengan sofa berdesain bersih dan ramping, kursi dengan bentuk geometris, serta meja dengan yang cenderung polos. Paduan furnitur ini cocok nantinya sangat menyatu dengan konsep ruang. Sebagai catatan, pastikan furnitur yang dipilih memiliki kualitas yang baik untuk kenyamanan jangka panjang. Termasuk soal lantai vinyl. Untuk hasil memuaskan, harga vinyl Courtina patut dipertimbangkan. Dengan harga ciamik mutunya selalu nomor satu.

Baca Juga  AnyMind Group meningkatkan struktur kepemimpinan dengan penunjukan pemimpin-pemimpin baru

Gunakan Warna yang Netral

Image

Skema warna yang netral seperti putih, abu-abu, atau beige sangat cocok untuk ruang tamu minimalis. Warna-warna tersebut memberikan kesan bersih, lapang, dan elegan pada ruangan. Anda juga bisa menambahkan sedikit aksen warna seperti biru lembut, hijau pastel, atau kuning muda untuk menyegarkan tampilan ruang tamu. 

Pastikan skema warna ini tidak dominan sehingga tidak mengganggu kesan minimalis ruang tamu Anda. Namun, jika memang tertarik dengan satu warna yang cukup menonjol, baiknya gunakan satu warna saja untuk jadi centered. Sesuaikan juga dengan warna bagian lain, termasuk lantai. Jika kebetulan tertarik beralih ke lantai vinyl, gunakan produk Courtina. Harga vinyl lantai di sana bersaing, kualitasnya oke, pilihan motifnya pun beragam.

Manfaatkan Pencahayaan dengan Baik

Pencahayaan memainkan peranan penting dalam menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan pada ruang tamu. Selain dari sorot lampu, manfaatkan juga cahaya alami sebanyak mungkin, dengan memasang jendela besar atau pintu kaca untuk membiarkan cahaya matahari masuk dalam ruangan. Langkah ini akan bikin nuansa ruang tamu hangat.

Baca Juga  VRITIMES dan NewGuineaKurir.com Berkolaborasi untuk Memperluas Jangkauan Informasi

Untuk menemani malam, tentu Anda bisa menambahkan lampu-lampu yang memberikan cahaya yang cukup, namun usahakan tetap memberikan kesan minimalis. Lampu-lampu dinding atau lampu meja berwarna kuning dengan desain sederhana akan sangat cocok untuk ruang tamu minimalis Anda.

Gunakan Dekorasi Secara Minimalis

Image

Prinsip utama dari desain ruang tamu minimalis adalah kesederhanaan. Hindari penggunaan dekorasi berlebihan yang justru dapat membuat ruangan terlihat penuh dan berantakan. Kalaupun memang membutuhkan dekorasi tersebut, pasang satu saja untuk dijadikan centered.

Lebih lanjut, gunakan beberapa dekorasi berkualitas dan memiliki desain yang sederhana untuk menambahkan sentuhan personal pada ruang tamu. Misalnya, lukisan dinding yang elegan, vas bunga dengan bunga segar, atau beberapa buah buku yang diletakkan secara rapi di rak. Agar makin homey, jangan lupa memang lantai vinyl. Selain menentukan corak, pastikan harga vinyl lantai kompetitif agar tidak kekurangan kualitas.

Jaga Kebersihan dan Keteraturan

Kebersihan dan keteraturan adalah kunci utama untuk menjaga ruang tamu tetap terlihat minimalis dan elegan. Pastikan untuk selalu membersihkan ruangan secara berkala dan menyimpan barang-barang yang tidak digunakan dalam tempat penyimpanan yang tersembunyi. 

Baca Juga  Panen Raya Petani Binaan Eratani di Karawang Sumbang Kontribusi dalam Ketersediaan Pangan Nasional

Gunakan rak atau lemari penyimpanan untuk meletakkan barang-barang sehingga ruang tamu terlihat lebih rapi dan teratur. Kembali lagi, selalu gunakan furnitur yang sesuai dengan tema dan jenis lantai agar selaras dan tidak tampak kontras berlebihan.

Dengan menerapkan tips membuat ruang tamu minimalis yang elegan dan homey di atas, rumah Anda bukan hanya terlihat estetik tetapi juga terasa nyaman. 

Sebagai pelengkap, ingatlah untuk memilih furnitur, dekorasi, hingga warna lantai vinyl yang sesuai. Untuk hasil terbaik, selalu gunakan produk Courtina. Selain cantik, harga vinyl lantai di sana jelas yang terbaik.

dengan bijak, serta menjaga kebersihan dan keteraturan ruangan secara teratur. Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda dalam merancang ruang tamu impian yang minimalis namun tetap nyaman dan elegan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES