20 Rekomendasi Tempat Wisata Di Kota Depok, Gratis Maupun Berbayar

News234 Dilihat

Depok, Markaberita.id

Jabodetabek merupakan kawasan yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Bila kalian sedang ingin menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan di luar Jakarta, Kota Depok bisa menjadi destinasi wisata yang tepat.

Walaupun tidak banyak yang tahu, terdapat banyak tempat wisata tersembunyi di Depok yang suasananya tidak kalah bagus dengan lokasi-lokasi wisata di kota lainnya. Ada tempat wisata yang suasananya pepohonan, danau, hingga wahana bermain yang ramah anak.

Kebanyakan tempat wisata di Depok hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk biaya masuknya, beberapa di antaranya juga tidak memungut biaya alias gratis. Mulai dari wisata alam hingga rekreasi permainan seru, berikut ini 20 tempat wisata anak di Depok yang paling hits dan populer yang wajib kalian ketahui.

8 Tempat wisata anak di Depok yang seru dan hits

Untuk menghabiskan waktu liburan 2024 ini, anda dan keluarga bisa mengajak Si Kecil pergi berekreasi ke delapan tempat wisata di Depok berikut ini.

1. Taman Rekreasi Wiladatika Tempat wisata di Kota Depok yang pertama adalah Taman Bunga Wiladatika, lokasinya berada di Jalan Jambore 1, Harjamukti, Cimanggis, Depok. Di kawasan hijau terbuka ini, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan mengambil foto dengan lanskap tanaman yang indah. Selain itu, Si Kecil juga dapat bermain air di kolam renang yang terdapat di dalam area taman bunga ini.

Jam operasional: Senin – Minggu (08.00 – 16.00 WIB)

Estimasi harga tiket:

Tiket masuk: Rp10.000

Kolam renang: Rp25.000

2. D’Kandang Amazing Farm, Tempat wisata selanjutnya merupakan sebuah area peternakan yang dibuat khusus sebagai destinasi wisata edukasi yang menarik. Di D’Kandang Amazing Farm, anak-anak bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan seperti kambing, sapi, dan kuda.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat dan mempelajari proses beternak dan bercocok tanam yang dilakukan oleh ahli di bidangnya. Selain itu, pengunjung juga dapat mengikuti beberapa wahana edukasi, bermain, dan kreasi yang nantinya akan diperlukan biaya tambahan dengan kisaran harga Rp25.000 hingga Rp65.000.

Alamat: Jl. Penarikan, Pasir Putih, Sawangan, Depok 16519 Indonesia.

Jam operasional:

Senin – Kamis: 09.00 – 16.00 WIB Sabtu – Minggu dan hari libur nasional: 08.00 – 17.00 WIB

Estimasi harga tiket:

Senin – Kamis: Rp20.000

Sabtu – Minggu dan hari libur nasional: Rp25.000

3. Green Lake View WaterparkTempat wisata air yang satu ini merupakan destinasi yang tepat bagi Si Kecil yang ingin bermain di kolam renang. Untuk menikmati keseruan wahana air, pengunjung dapat menyewa ban yang dikenakan biaya Rp20.000 hingga Rp30.000.

Selain itu, terdapat pula kegiatan seru yang bisa dinikmati anak berupa mandi busa yang dapat dirasakan setiap harinya pada pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB. Kabar baiknya, bagi anak-anak yang masih bertinggi badan di bawah 90 CM tidak akan dikenai biaya masuk.

Alamat: Jl. Rajabrana, Curug, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16453

Jam operasional:

Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB

Sabtu – Minggu: 07.00 – 18.00 WIB

Estimasi harga tiket:

Senin – Jumat: Rp40.000

Sabtu – Minggu: Rp60.000

3. Taman Wisata Pasir Putih, Tempat rekreasi air yang terletak di daerah Sawangan Depok, Jawa Barat. Tidak hanya bermain di kolam renang, Si Kecil juga bisa merasakan pengalaman bermain beberapa wahana permainan seperti playground, outbond, berkuda, hingga trampolin.

Baca Juga  Ketua AWIBB Korwil llI Bekasi Raya, Soroti Kegiatan Perbaikan TPT Di Kampung Galian Sasak Langgar UU KIP

Alamat: Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Pasir Putih, Depok 16519 Indonesia

Jam operasional:

Senin – Kamis: 09.00 – 17.00 WIB

Sabtu – Minggu: 08.00 – 17.30 WIB

Estimasi harga tiket:

Senin – Kamis: Anak-anak (Rp15.000), Dewasa (Rp20.000)

Sabtu – Minggu: Anak-anak (Rp20.000), Dewasa (Rp25.000)

4. Godong Ijo merupakan tempat wisata ramah anak yang menawarkan berbagai macam fasilitas lengkap seperti area bermain anak, rumah makan Sunda dan Seafood, area pemancingan, mini zoo, serta lahan parkiran yang luas bagi pengunjung yang membawa kendaraan.

Tempat wisata edukasi ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk Si Kecil menjelajah kawasan hijau terbuka dengan berbagai permainan seru yang penuh pengalaman.

Alamat: Jalan Raya Cinangka Raya No.KM 10, RW.No. 60 Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517 Indonesia.

Jam operasional:

Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB

Sabtu – Minggu: 08.00 – 20.00 WIB

Jam buka restoran: 11.00 – 20.00 WIB

Jam buka pemancingan: 08.00 – 20.00 WIB

5. Jiggle Jungle Pesona Square Mall Bagi kalian yang ingin mengajak Si Kecil bermain di area indoor, Jiggle Jungle merupakan plyaground yang berada di dalam Mall Pesona Square Depok. Anak-anak akan puas bermain banyak sekali permainan dan wahana yang seru dan asik, mulai dari perosotan, trampolin, sandpit, kolam bola, dan masih banyak lagi. Bunda juga bisa menemani dan mengawasi Si Kecil saat bermain dengan sejumlah biaya tambahan.

Alamat: Mall Pesona Square Lantai 2, Jl. Ir. H. Juanda No.22a, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16418

Jam operasional: 12.00 – 21.00 WIB

Estimasi harga tiket:

Weekday: Rp170.000 – Rp190.000

Weekend: Rp200.000 – Rp220.000 Biaya tambahan pendamping: Rp50.000

6.Kampung 99 Pepohonan

Terletak di daerah Meruyung, Depok, Kampung 99 Pepohonan merupakan tempat wisata dengan suasana pepohonan hutan pinggiran kota. Di dalam kawasan rekreasi tersebut, terdapat beberapa bangunan tradisional yang terbuat dari kayu, membuat suasana lebih nyaman dan asri.

7. Kampung 99 Pepohonan merupakan tujuan yang cocok bagi pengunjung yang ingin mengadakan acara gathering, makan malam bersama, hingga reuni. Selain itu, ada juga wahana bermain anak yakni outbond agar Si Kecil bisa berpetualang.

Alamat: Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. Depok 16515

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Estimasi harga tiket: gratis

8. Studio Alam TVRI Destinasi wisata yang satu ini dulunya merupakan tempat yang biasa dijadikan lokasi syuting berbagai acara dan film Indonesia, Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu menikmati pemandangan alam hijau yang dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman asri. Pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati udara segar dan berfoto di spot-spot foto yang indah.

Alamat: Jl. Studio Alam TVRI No. 1, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat

Jam operasional:

Selasa – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB

Sabtu – Minggu: 07.30 – 16.00 WIB

Estimasi harga tiket:

Tiket masuk: Rp5.000

Parkir mobil: Rp10.000

Parkir motor: Rp5.000

7.Rekomendasi tempat wisata di Depok yang gratis

Tidak dipungut biaya, berikut ini merupakan tujuh rekomendasi tempat wisata di Depok yang gratis, tempatnya bagus-bagus.

1.Masjid Dian Al-Mahri

Objek wisata bertema religi yang berada di Depok ini juga biasa disebut sebagai Masjid Kubah Emas karena kubahnya yang terbuat dari emas. Masjid Dian Al-Mahri merupakan sebuah kompleks masjid terbesar di Kota Depok dengan luas 50.000 m2.

Baca Juga  Kembali Raih Prestasi, Lapas Kelas IIB Banjarbaru Terima Dua Penghargaan dari KPPN Banjarmasin

Masjid yang dapat menampung puluhan ribu jemaah ini dapat di kunjungi untuk menikmati arsitektur timur tengahnya yang megah sekaligus melaksanakan ibadah shalat bersama keluarga.

Alamat: Jl. Meruyung Raya, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16515

Jam operasional:

Senin – Minggu: (Sesi 1) 03.40 – 06.30 WIB, (Sesi 2) 10.00 – 20.00 WIB

2.Situ Jatijajar

Situ Jatijajar merupakan objek wisata di Depok yang memiliki suasana alam hijau yang mengelilingi sebuah danau kecil di area tersebut. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan segar sambil berjalan-jalan maupun olahraga jogging. Tempat ini didukung oleh beberapa fasilitas mulai dari area parkir, musholla, spot foto, hingga tempat makan.

Alamat: Desa Wisata Situ Jatijajar, Depok, Tapos, Jawa Barat, Indonesia

Jam operasional: 24 jam

3.Situ Pengasinan Depok

Situ Pengasinan merupakan objek wisata berupa danau buatan seluas sekitar 6 hektar dan dikelilingi oleh suasana alami dan sejuk. Kawasan danau ini dapat menjadi tempat healing bagi pengunjung yang ingin melepas penat dengan berpiknik dan menikmati pemandangan hijau. Selain itu, pengunjung juga dapat mengambil banyak foto di beberapa spot yang instagramable, Bunda. Fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, wahana permainan, tempat makan, musholla, hingga minimarket.

Alamat: Jl. Setu Pengasinan Indah No. 27, Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

4.Situ Cilodong

Objek wisata berikutnya masih berupa danau dengan pemandangan yang panoramic. Situ Cilodong merupakan salah satu dari banyaknya danau yang terdapat di Kota Depok. Bunda bisa mengunjungi Situ Cilodong untuk menikmati suasana dan pemandangannya yang indah serta mengajak Si Kecil untuk bermain perahu air.

Alamat: Jl. Abdul Ghani, Kel. Kalibaru, Kec. Cilodong, Depok, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

5.Taman Lembah Gurame

Menghabiskan waktu dengan bersantai dan menikmati suasana healing merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan selama liburan. Taman Lembah Gurame menyuguhkan suasana hijau dan sejuk kepada pengunjung di taman yang asri serta terdapat juga sebuah danau kecil di area tersebut.

Alamat: Jalan Rangka Raya Nomor 68, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas, Depok

6.Agrowisata Belimbing Dewa, Belimbing merupakan sebuah ikon terkenal yang dimiliki Kota Depok, Bunda. Bahkan, perkebunan belimbing juga dapat Bunda kunjungi sebagai destinasi wisata yang mempersilahkan pengunjungnya untuk melihat dan mempelajari proses memanen belimbing sekaligus merasakan kesegaran buahnya. Di Agrowisata Belimbing Dewa, anda dapat mengajak keluarga untuk merasakan pengalaman berpanen yang asik dan menyenangkan.

Alamat: Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

7.Kampung 3D, merupakan salah satu objek wisata di Kota Depok yang dapat dengan mudah di kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Tempat wisatawan yang satu ini lokasinya berada di gang-gang perumahan, di mana orang-orang sering berswafoto di jalanan dengan lukisan tiga dimensi yang menarik.

Alamat: Jl. Danau Tandano II No.172, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

5.Tempat wisata di Depok yang dekat dari stasiun yang ramah anak

Bagi kalian yang biasa menggunakan transportasi publik berupa kereta atau commuter line, di Kota Depok terdapat beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Berikut selengkapnya.

Baca Juga  KETUA REPDEM PURWAKRTA GERUDUK KANTOR INSPEKTORAT TERKAIT DUGAAN PENYELEWENGAN DANA DESA

1.Universitas Indonesia Depok terkenal sebagai kota di mana kampus Universitas Indonesia berlokasi, Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi tertua dan paling bergengsi yang ada di Tanah Air, menjadikannya sebagai obek wisatawan populer di Depok.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di area kampus tersebut mulai dari berjogging, bersepeda, hingga jajan di sekitaran Danau Kenanga, sambil menikmati pemandangan hijau. Untuk sampai ke sini, Bunda hanya perlu menaiki commuter line tujuan Bogor dan turun di Stasiun UI atau stasiun Pondok Cina.

Alamat: Jalan Margonda Raya, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Depok 16424

Jam operasional:

05.00 – 21.00 WIB

Estimasi harga tiket: Gratis

2.Alun-alun Depok

Sama seperti kota-kota lainnya, Depok juga memiliki alun-alun yang menjadi destinasi wisata para pengunjung. Alun-alun depok merupakann kawasan terbuka yang menyediakan berbagai fasilitas untuk dinikmati berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga lansia.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di greenhouse, lapangan futsal, lapangan basket, arena skateboard, taman anak-anak, hingga taman lansia. Bunda bisa naik kereta tujuan Bogor dan turun di Stasiun Depok Lama untuk mengunjungi Alun-alun Depok.

Alamat: Jalan Boulevard Grand Depok City No. 25, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Jam operasional:

Selasa – Jumat: 06.00 – 17.30 WIB

Sabtu – Minggu: 06.00 – 18.00 WIB

3.Taman Hutan Raya Pancoran Mas

Tempat yang juga biasa disebut sebagai Tahura Pancoran Mas ini merupakan salah satu cagar alam tertua di Indonesia, berupa hutan hujan yang sangat dijaga kelestariannya. Bunda dan keluarga dapat menikmati kesegaran udara di kawasan yang kaya akan flora dan faunanya tersebut.

Tahura Pancoran Mas lokasinya berdekatan dengan Stasiun Depok Lama sehingga mudah dijangkau oleh pengguna commuter line.

Alamat: Jalan Raya Cagar Alam No. 57, Pancoran Mas, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16436

Jam operasional:

08.00 – 17.00 WIB

Estimasi harga tiket: Mulai dari Rp50.000

5.Taman Lembah Mawar

Tujuan wisata berikutnya ini menjadi salah satu favorit pengunjung karena suasananya yang hijau dan asri. Banyak orang mengunjungi Taman Lembah Mawar untuk mengambil foto-foto instagramable dengan pemandangannya yang hijau dan alami.

Anak-anak bisa bermain di kawasan taman ini sambil ditemani Bunda dan Ayah yang sedang bersantai dan menikmati pemandangan. Pengguna commuter line bisa datang ke sini dengan menaiki kereta tujuan Bogor dan turun di Stasiun Depok Baru.

Alamat: Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16432

Jam operasional:

08.00 – 17.00 WIB

Estimasi harga tiket: Gratis

5.Rumah Keramik F. Widayanto

Tempat wisata di Depok yang terakhir ini berlokasi di Curug Agung, Beji, Kota Depok. Rumah Keramik F. Widayanto merupakan salah satu pusat kerajinan keramik tertua dan terbesar di Indonesia yang didirikan oleh pengrajin keramik F. Widayanto.

Di tempat wisata bertema seni ini, kalianbbisa melihat-lihat kerajinan keramik yang memiliki ukiran indah, serta menikmati suasana pepohonan rindang di sekitar bangunan. Rumah Keramik F. Widayanto juga dapat dimanfaatkan sebagai acara berkumpul keluarga, pernikahan, dan gathering.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata populer di Depok yang wajib kalian kunjungi bersama Si Kecil dan keluarga selama menghabiskan waktu liburan Hari raya idul ditri. Semoga bermanfaat. (Red)

Komentar