Realisasi Dana CSR Jabar Naik Jadi Rp251 Miliar

Daerah20 Dilihat

Markaberita.id

KOTA BANDUNG — Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi peningkatan penyaluran dana _corporate social responsibility_ (CSR) perusahaan di Jabar yakni sebesar Rp251 miliar sepanjang tahun 2023. Angka ini meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Ditemui usai menghadiri Forum CSR Jabar di Hotel Pullman Bandung, Senin (22/4/2024) malam, Bey mengatakan, meningkatnya dana CSR dari 274 perusahaan yang tergabung dalam Forum CSR Jabar itu menunjukkan komitmen yang kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan Jawa Barat.

“Total dana CSR yang terkumpul mencapai Rp251 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari para pengusaha untuk berkontribusi dalam pembangunan Jawa Barat,” katanya.

Baca Juga  Sekda PALI Bersama Kapolres,Perwakilan Dandim 404-03 Pendopo dan Beberapa OPD Hadiri Kunker Kejati Sumsel Ke Kejari PALI

Dana tersebut telah disalurkan untuk kepentingan masyarakat di berbagai daerah di Jabar. Antara lain digunakan untuk peningkatan infrastruktur, lingkungan, pendidikan, kesehatan, UMKM, perbaikan rumah tidak layak huni, penanganan stunting, hingga digitalisasi.

Bey menuturkan, dana CSR sebagai kewajiban moral perusahaan sangat membantu pembangunan di Jabar. Sebab dana APBD tidak akan bisa mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat.

“Memang ada beberapa bidang yang tidak akan ter- _cover_ oleh APBD dan CSR itu sangat penting sebagai kewajiban moral dari perusahaan,” ujar Bey Machmudin.

Sebagai bentuk apresiasi, pada malam tersebut, Bey memberikan piagam penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menyalurkan dana CSR baik perusahaan BUMN, BUMD dan swasta.

Baca Juga  SMSI Kabupaten Bekasi Mengutuk Oknum PNS Aniaya 2 Jurnalis di Karawang

“Ini penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang memberikan CSR dengan baik, tepat sasaran dan berdampak pada masyarakat,” tuturnya.

Ia berahap, dana CSR kembali meningkat di tahun ini dengan tetap menjaga akuntabilitasnya. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi masyarakat Jabar yang merasakan dampaknya khususnya bagi kesejahteraannya.

“Semoga bisa lebih meningkat lagi agar lebih bermanfaat kepada kesejahteraan masyarakat yang lebih luas,” harap Bey.

HUMAS JABAR
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar
Ika Mardiah

Komentar