Sisi Sejarah Bekasi, Kesamaan hubungan Kebhatinan Tokoh dan Masyarakat Wujudkan Kongres Masyarakat Bekasi

Daerah, Opini, Tokoh79 Dilihat

Markaberita.id,– Sebagian para Tokoh Masyarakat bersama Masyarakat daerah kabupaten Bekasi berencana menginginkan adanya kongres Masyarakat Bekasi, Hal itu dituangkan melalui perwakilan pertemuan Forum para tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi pada Minggu (21/04/2024) Pagi di Gedung Juang Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Wacana kongres masyarakat tersebut dipandang dari aspek sisi sejarah mendapat respon pandangan positif oleh Sejarawan Bekasi, Bung Endra Kusnawan. Ia menjelaskan bahwasanya Kongres masyarakat Bekasi pernah terjadi dimasa lalu.

” Ya Sekitar akhir 1949 sampai awal tahun 1950 pada masa itu masyarakat Bekasi memiliki kegelisahan yang sama, kegelisahan itu dirasakan juga oleh para Tokoh-tokoh Masyarakat Bekasi, kemudian berkumpul dan terciptalah pertemuan itu akhirnya berbuah rapat akbar pada tanggal 17 januari tahun 1950.” Tuturnya

Bung Endra sebagai sejarawan juga membaca situasi di masa itu, kenapa ribuan Masyarakat Bekasi bersemangat menginginkan adanya kongres Masyarakat Bekasi disebabkan karena semangat kebathinan antara masyarakat dengan para tokoh masyarakat satu frekuensi, Ungkapnya.

Wacana kongres masyarakat kabupaten Bekasi merupakan mengulang sejarah yang pernah terjadi didaerah Bekasi pada masa lalu dillihat dari adanya kegundahan dan kegelisahan sebagian masyarakat daerah kabupaten Bekasi yang memeliki krisis dimensional.

Ketika kegundahan akan Bekasi kedepan menyambut Indonesia emas
Kiranya momentum ini, Kongres Masyarakat Bekasi kelak dapat memberikan rekomendasi guna mempengaruhi setiap partikel kebijakan pemerintah daerah ke arah yang lebih baik.

Dengan melihat kondisi objektif Bekasi hari ini yang sebagian menganggap sedang krisis multi dimensional Kongres Masyarakat Bekasi perlu adanya, dan hal seperti inipun pernah terjadi dilakukan oleh Tokoh dan Masyarakat Bekasi dahulu, jadi kiranya kita menjaga serta membangun semangat kebathinan yang sama tentang Kebekasian – agar Bekasi kedepan lebih baik dari hari ini.

(Red/Ni)

Komentar