Menelusuri Peran Pendidikan dalam Membangun Peradaban Bangsa: Inspirasi dari Wakil Sekretaris Jenderal AMI

Berita Utama20 Dilihat

Jakarta || Markaberita.id

D.Silalahi, Wakil Sekretaris Jenderal AMI, dengan mengungkapkan betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk masa depan yang cerah bagi Bangsa Indonesia.

Setiap tahun, peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei menjadi momen istimewa untuk merayakan peran pendidikan dalam membangun masa depan bangsa. Pada tahun 2024, peringatan Hari Pendidikan Nasional jatuh pada hari Kamis, 2 Mei.

Tema utama Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Belajar tanpa ada batas umur dan raih cita-cita setinggi mungkin”. Pesan ini menegaskan pentingnya pendidikan sebagai kunci untuk meraih impian dan potensi tertinggi bagi setiap individu.

D. Silalahi menekankan bahwa peringatan Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sebagai penghargaan terhadap perjuangan, tetapi juga sebagai bentuk dukungan bagi seluruh komunitas pendidikan di Indonesia untuk terus berkembang dan berwawasan.

Menurut D. Silalahi, Hari Pendidikan Nasional adalah ekspresi penghargaan dan dukungan terhadap upaya positif dalam dunia pendidikan. Peran penting para guru, pendidik, orang tua, dan semua pihak yang berkontribusi dalam membentuk generasi penerus yang cerdas dan berbudi luhur tidak boleh disepelekan. Sebagai contoh, Dani merujuk pada Ki Hajar Dewantoro, sosok tokoh pendidikan Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan pendidikan di Tanah Air.

Baca Juga  Tertibkan TPS Liar di CBL Satpol PP dan DLH Kabupaten Bekasi Angkut 50 Ton Sampah

D. Silalahi juga menggarisbawahi peran sejarah dalam memperkaya wawasan dan pengetahuan kita tentang perjalanan pembentukan Indonesia. Kita perlu menghargai warisan sejarah sebagai bangsa agar semangat perjuangan dalam bidang pendidikan tetap terjaga. Hal ini penting agar Indonesia dapat terus maju dan berwibawa di mata dunia.

“Pendidikan adalah kunci untuk membentuk masa depan yang cerah bagi Bangsa Indonesia. Setiap tahun, pada tanggal 2 Mei, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan penuh semangat dan penghargaan terhadap peran penting pendidikan dalam memajukan bangsa.

Tahun 2024 menjadi tahun yang istimewa, di mana tema utama Hari Pendidikan Nasional adalah “Belajar tanpa ada batas umur dan raih cita-cita setinggi mungkin”.

Dalam menghadapi era globalisasi dan revolusi industri, penting bagi setiap individu untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka. Pesan tema tahun ini menggarisbawahi betapa pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk meraih impian dan potensi tertinggi. Harus diingat bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan tetapi juga tentang karakter, moral, dan integritas.

Baca Juga  Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti OPini Bersama Kanwil Kemenkumham Kalsel

“Ki Hajar Dewantoro adalah salah satu contoh tokoh pendidikan Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan pendidikan di Tanah Air. Semangat beliau dalam menciptakan pendidikan yang berorientasi pada kebangsaan, karakter, dan spiritualitas masih menjadi inspirasi bagi generasi penerus. Sejarah pendidikan di Indonesia juga mengajarkan kita untuk menghargai perjuangan para pahlawan pendidikan yang telah berjuang demi kepentingan bangsa dan negara.

“Peran para guru, pendidik, orang tua, serta semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Mereka adalah ujung tombak dalam membentuk karakter, kepribadian, dan kecerdasan generasi muda. Dukungan dan apresiasi bagi seluruh komunitas pendidikan di Indonesia harus terus ditingkatkan guna menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan berkualitas.

“Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sekedar perayaan atau peringatan, tetapi juga momentum untuk merefleksikan pencapaian dan tantangan di bidang pendidikan. Penting bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air agar Indonesia dapat bersaing secara global dan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.

“Dengan kolaborasi dan kerja sama yang baik antara semua pihak terkait, kita dapat membangun generasi penerus yang handal, berintegritas, dan mampu bersaing di kancah internasional.
” Marilah kita jaga semangat dan dedikasi dalam memajukan pendidikan di Indonesia demi menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Baca Juga  LQ Indonesia Sangsi atas Kejadian Menimpa Buddy Towoliu Kasat Narkoba Polres Jakarta Timur

“Sebagai Wakil Sekretaris Jenderal AMI, saya, D.Silalahi, akan terus mendukung dan mempromosikan pentingnya pendidikan sebagai landasan utama kemajuan bangsa. Mari kita rayakan Hari Pendidikan Nasional dengan penuh semangat dan tekad untuk menjadikan pendidikan sebagai amanah yang harus dipertahankan dan ditingkatkan setiap saat. Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga pendidikan kita semakin berkualitas dan mampu membawa Indonesia menuju masa depan yang gemilang.

“Marilah kita bersama-sama merawat semangat dan dedikasi untuk menjadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum menuju masa depan yang lebih cerah dan berwibawa bagi Bangsa Indonesia. Dengan kolaborasi kita, kita mampu membangun generasi penerus yang handal, berintegritas, dan mampu mewujudkan impian mereka. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Semoga spirit ini terus menggelora dalam diri setiap insan pendidikan di Tanah Air. ***

Jakarta 2 Mei 2024

Sumber dan Opini : D.Silalahi

Komentar