Tahun 2025 Jalan ke Cibugel dari Citengah Sudah Mulus

Daerah25 Dilihat

Markaberita.id

Sumedang– Jawa Barat — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang pada tahun 2024 ini akan kembali melanjutkan pembangunan jalan Cisoka-Cibubut. Ruas jalan tersebut merupakan akses dari Desa Citengah Sumedang Selatan menuju Kecamatan Cibugel.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumedang Budiyana Santosa mengatakan, panjang jalan yang belum diperbaiki hanya tinggal 1,5 Km lagi dan telah disiapkan Rp 500 juta dari APBD Tahun 2024 untuk perbaikan.

“Mudah-mudahan APBD murni Tahun 2024 ada intervensi untuk perbaikan sekitar Rp. 500 juta. Itu dananya masih kurang dan kita dorong untuk anggaran Tahun 2025 kita sudah usulkan ke  Provinsi. Semoga cepat tuntas, usulannya Rp 4 miliar,” ujarnya.

Baca Juga  Sumedang Jadi Percontohan Pengembangan Program HDDAP

Budi mengatakan, Juni 2024 mendatang sudah mulai ke pembangunan fisik dan pengerjaannya dilakukan dengan sistem rigid beton.

“Dikerjakan dengan sistem rigid beton, serta akan (ada pekerjaan) saluran drainase dan pengupasan tebing untuk pelebaran jalan,” tuturnya

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli yang hadir langsung meninjau lokasi jalan mengatakan, perbaikan ruas jalan tersebut harus segera dilakukan mengingat selama ini tidak bisa dilewati dengan kendaraan angkutan biasa.

“Jarak tempuh yang seharusnya setengah jam menjadi satu jam setengah. Masyarakat Jayamekar (Kecamatan Cibugel) yang ingin ke kota Sumedang untuk akses kesehatan, ekonomi dan lainnya itu harus keliling,” ujarnya.

Dikatakan Yudia, perbaikan ruas jalan tersebut sebenarnya kewenangan Pemda Kabupaten Sumedang karena termasuk Jalan Kabupaten, tetapi karena keterbatasan anggaran, maka masih meminta bantuan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga  Duduk Bersama, Pemkab HSU dan Kemenkumham Kalsel Harmonisasikan Dua Ranperda

“Kita sedang mengajukan. Mudah-mudahan ajuan kita berhasil. Saya akan bertemu dengan Gubernur dan Sekda Jabar untuk membicarakan hal ini,” pungkasnya.

(Red)**

Komentar