Tingkatkan Partisipasi Perempuan Desa, Pertamina EP Adera Field Bina Kelompok Perempuan Selaras Alam Desa Pengabuan

Daerah64 Dilihat

 

PALI,Markaberita.id-Pertamina EP Adera Field sebagai perusahaan milik negara yang memiliki komitmen kuat untuk  menerapkan Environment, Society, dan Goverment (ESG) terus berupaya memberikan dampak positif kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja operasional perusahaan. Melalui Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan Pertamina EP Adera Field membina kelompok perempuan Selaras Alam Desa Pengabuan sebagai kelompok yang berada dikawasan ring 1 perusahaan.

 

Kelompok Perempuan Selaras Alam bergerak memanfaatkan lahan tidur di desa untuk menanam sayur dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) secara organik yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari serta mengurangi pengeluaran rumah tangga yang sebagian sudah dapat disubstitusi melalui kegiatan pertanian organik kelompok. Sebanyak 30 perempuan tergabung dalam Kelompok Perempuan Selaras Alam yang diketuai oleh Ibu Herawati.

 

Herawati bersama beberapa perempuan lainnya mendapatkan pembinaan peningkatan wawasan pertanian organik dan kapasitas kelompok dari Pertamina EP Adera Field. Kelompok Perempuan Selaras Alam ini telah mengikuti berbagai kurikulum sekolah lapangan pertanian organik seperti mengenal ekologi tanah yang berkaitan dengan strategi memilih tanaman yang cocok dengan kesuburan tanah di Desa Pengabuan, pelatihan mengolah pupuk organik dari limbah rumah tangga, dan pelatihan mengenal dan mengolah obat herbal keluarga dari dr. Rianti Maharani, M.Si sebagai herbal medik.

Baca Juga  Relawan Bolomase Bergerak ke Akar Rumput Menangkan Prabowo-Gibran 1 Putaran

 

Menurut Hermalina salah satu anggota kelompok mengatakan “Pelatihan dan peningkatan kapasitas yang diberikan oleh Pertamina Adera Field, sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan kami tentang pertanian organik, ternyata sangat banyak tumbuhan-tumbuhan yang ada di desa kami dapat dijadikan sebagai obat herbal keluarga, meski awalnya kami memulai dari diri masing-masing dan keluarga terdekat, seiring berjalannya waktu masyarakat desa mulai menyadari manfaat dari obat herbal tersebut, dimana tumbuhannya kami tanam bersama di lahan yang dikelola kelompok” ungkapnya

 

Kelompok Perempuan Selaras Alam juga sudah memiliki produk turunan dari tanaman herbal yang ditanamnya, seperti serbuk jahe instan, kunyit instan, sirup rosella, dan beberapa produk rimpang lainnya yang rata-rata telah mendapatkan izin PIRT dari pihak yang berwenang.

Baca Juga  SiLPA Mencapai Milyaran, Kinerja Kepala Puskesmas Karang Bahagia di Pertanyakan...???

 

Untuk memperluas pasar dan edukasi kepada masyarakat, Pertamina EP Adera Field memfasilitasi kelompok berpartisipasi dalam berbagai event pameran, salah satunya adalah pameran pembangunan HUT Kota PALI ke – 11. Kelompok Perempuan Selaras Alam ikut berpartisipasi pada stand yang telah disiapkan untuk menjajakan produk dan mengedukasi masyarakat yang berkunjung tentang ragam manfaat dari obat herbal yang bahannya mudah didapat disekitar kita. Dalam momen ini juga, kelompok sempat berbincang dengan Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono.

 

 

 

Manager Adera Field, Adam Syukron Nasution menyampaikan bahwa “kegiatan pembinaan ini adalah wujud dari komitmen perusahaan dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan kepada masyarakat disekitar wilayah kerja perusahaan, tujuannya adalah untuk meningkatkan manfaat keberadaan perusahaan kepada masyarakat sekitar” ucapnya.  Harapannya melalui semangat dan dukungan semua pihak, semoga Kelompok Perempuan Selaras Alam dapat terus berkembang dan berdampak bagi sekitarnya.

Baca Juga  Sudah Lapor KPK , Aktivis Pegiat Anti Korupsi Jabar Tuding Adanya Praktek Dugaan KKN di Proyek Pembangunan Masjid Al-Jabbar ?

Manager Adera Field, Adam Syukron Nasution menyampaikan bahwa “kegiatan pembinaan ini adalah wujud dari komitmen perusahaan dalam menjalankan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan kepada masyarakat disekitar wilayah kerja perusahaan, tujuannya adalah untuk meningkatkan manfaat keberadaan perusahaan kepada masyarakat sekitar” ucapnya. Harapannya melalui semangat dan dukungan semua pihak, semoga Kelompok Perempuan Selaras Alam dapat terus berkembang dan berdampak bagi sekitarnya.(Hr/Red)

Komentar