BINUS University Tingkatkan Kapasitas Dosen dalam Integrasi SDGs melalui Lokakarya Internasional

Ekonomi21 Dilihat

Jakarta, Indonesia – 7 Juni 2024 – Peningkatan kapasitas dosen dalam lokakarya UN SGDs Open Pedagogy Summit – ASIA Chapter pada 4-5 Juni 2024 yang diselenggarakan BINUS University dan Montgomerry College merupakan bentuk langkah proaktif dalam mendorong Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Lebih dari 30 partisipan yang terdiri dari dosen anggota Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara (NUNI) serta Passage to Asean (P2A) berkesempatan untuk meningkatkan wawasan tentang praktik terbaik dalam mengintegrasikan SDGs melalui materi yang beragam hingga pendekatan kreatif untuk memberi ruang ekspresi bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas serta menekankan pentingnya kolaborasi antar disiplin.

“Mengintegrasikan SDGs yang menjadi bagian dari kurikulum merupakan komitmen untuk meningkatkan kemampuan dosen kami dengan wawasan dan perangkat yang dapat mendorong kegiatan mengajar agar mampu menginspirasi mahasiswa menjadi kontributor aktif dalam agenda upaya Pembangunan berkelanjutan,” ujar Dr. Nelly, S.Kom., M.M., CSCA, selaku Rektor BINUS University.

Baca Juga  Laporan Tahunan LindungiHutan 2023, Ungkap Kontribusi untuk Sosial dan Lingkungan

Peran dosen dalam memberikan kualitas pendidikan terbaik merupakan salah satu komitmen utama BINUS University agar mahasiswa dapat menyadari pentingnya praktik keberlanjutan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberi berkontribusi dan memberi dampak.

Tindak lanjut yang akan dilakukan oleh dosen ialah merencanakan sejumlah tugas di Tahun Ajaran mendatang. Tim BINUS University bersama Montgomerry College juga secara aktif akan mengajak dosen-dosen untuk melakukan refleksi tentang pengalaman mengimplementasikan hal ini di dalam kelas serta pengalaman mahasiswa.

Mengintegrasikan SDGs tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga berkontribusi pada upaya global yang lebih besar untuk mencapai pembangunan berkelanjutan yang menjadi fokus dari BINUS University untuk memberdayakan masyarakat dalam membangun bangsa.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES