Kades Sawit, Membangun Pasar Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

News29 Dilihat

Kades Sawit, Membangun Pasar Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

 

Purwakarta, Jabar||

 

Markaberita.id- Membangun Desa adalah Proritas Desa sawit, kecamatan. darangdan, kabupaten. purwakrta, Jabar dalam mengembangkan perekonomian dan perdagangan di wilayahnya.

 

Saat berbincang bincang terhadap Ade Ismail kades sawit mengatakan,

Sehingga alhasil pada awal tahun 2024 pasar desa sawit sudah jadi dan beroperasi secara baik dan maksimal.

 

Dengan telah berdirinya Pasar di depan desa sawit ini mampu mendorong perkembangan roda perekonomian di desa dan pada akhirnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

 

Paling tidak dengan berdirinya pasar desa sawit ini memiliki 3 peran utama, yaitu: pertama sebagai entitas ekonomi, pasar desa merupakan penggerak roda ekonomi perdesaan baik pada sektor perdagangan, industri maupun jasa.

Baca Juga  WBP Lapas Narkotika Karang Intan Gelar Khataman Al-Quran di Penghujung Ramadan 1444 H

 

kedua sebagai entitas sosial, pasar desa sangat kuat dalam mempertahankan budaya lokal, yaitu budaya gotong royong, kebersamaan dan kekeluargaan.

 

Pertemuan antara penjual dan pembeli, tidak hanya untuk transaksi ekonomi, tetapi sekaligus menjadi media interaksi social; ketiga sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Pemerintah Desa (PADes), pasar desa bisa menjadi pundi-pundi dana desa yang berasal dari retrebusi para pedagang dan penjual jasa yang beraktivitas didalam dan sekitar pasar desa.

 

Pertumbuhan dan perkembangan prekonomian desa melalui pasar desa ini menitik beratkan pada tumbuh dan berkembangnya sektor usaha dan industri lokal, yang mempunyai basis produksi bertumpu pada sumber daya lokal desa.

Baca Juga  Bulan Suci Ramadhan, ( FPII ) korwil purwakrta Berbagi Takjil dan Santunan 25 Anak Yatim Piatu di JL. Baru depan taman pembahruan purwakrta

 

Bentuk-bentuk usaha yang telah berkembang seperti kerajinan, hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, industri kecil, makanan olahan sehat adalah sektor ekonomi strategis yang harusnya digarap oleh Pemerintah Kalurahan.

 

Sehingga alhasil roda perekonomian desa berjalan dan kemandirian serta kesejahteraan masyarakat mampu diwujudkan.

 

Semoga tulisan ini menginspirasi desa-desa lain untuk melakukan pembangunan dan pengembangan pasar desa sehingga akan banyak berdiri pasar-pasar desa lainnya diseluruh penjuru negeri ini.

alhamdulilah dengan niat  ingin memajukan perekonomian  dan program2 nya  bisa mampu membangun pasar sawit . Alhasil kesejahteraan dan kemakmuran dapat dicapai dimulai dari melalui pasar desa. Pungkas nya,Ade Ismail. (Saepul.B)

Komentar