Masjid Besar di 26 Kecamatan Dapat Bantuan Mimbar

Berita Utama37 Dilihat

SUMEDANG, Markaberita.id – Masjid Besar di 26 Kecamatan se-Kabupaten Sumedang bakal mendapatkan bantuan mimbar dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Bantuan tersebut, rencananya akan diberikan langsung Pj.Bupati Sumedang dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI, Agustus mendatang.

“Ini inisiatif kami, seluruh masjid besar di 26 kecamatan akan mendapatkan mimbar,” kata Pj. Bupati Yudia Ramli saat membuka acara talkshow yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Aula Islamic Center Sumedang, Selasa (11/6/2024).

Menurutnya, pemberian bantuan tersebut adalah sebagai manifestasi Visi Sumedang Sejahtera, Agamis dan Demokratis (Sehati).

Pembuatan mimbar masjid ini akan menggunakan bahan dasar kayu Jati Sumedang dengan mengusung konsep bernuansa yang islami dengan sentuhan ornamen kasumedangan berupa Mahkota Binokasih.

“Bahannya menggunakan kayu Jati dari Sumedang dan modelnya akan diseragamkan dengan ornamen Mahkota Binokasih sebagai ciri Sumedang,,”ujarnya.

Untuk konsep designnya, lanjut Yudia, sudah didiskusikan dengan Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) dan beberapa ormas Islam. serta sudah mendapatkan rekomendasi MUI.

“Kami sudah diskusikan dengan DKS, NU, Persis dan Muhammadiyah. Bahkan MUI sudah memberikan rekomendasi bahwa design mimbar ini syar’i dan tidak menyalahi aturan,”ujarnya.

Dirinya berharap, melalui bantuan mimbar tersebut, program program pemerintah dapat tersampaikan kepada masyarakat. “Saya berharap melalui mimbar masjid kegiatan pemda bisa tersampaikan dan ini sudah dilakukan dalam khutbah di beberapa mesjid khususnya terkait program penghapusan kemiskinan ekstrem,”pungkasnya. (Red)

Komentar