Persaingan Antara USA Dan Pemerintah Rakyat China Baca Dengan Seksama Untuk Menduga Bagaimana Kedepannya

Berita Utama26 Dilihat

Jakarta,Markaberita.id

Apakah kemunduran AS sebagai negara adidaya global dan kebangkitan Rusia & Tiongkok merupakan hal yang baik bagi dunia?

Jika yang Anda maksud adalah negara adidaya nomor 1 di dunia, tidak. Namun Amerika akan tetap menjadi negara adidaya selama beberapa dekade mendatang, meskipun Amerika merosot ke peringkat kedua atau ketiga.

Pada akhirnya, Tiongkok akan melampaui Amerika dalam segala hal, baik secara ekonomi, teknologi, militer, diplomat, sosial, dan politik.

Tiongkok sudah menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia berdasarkan paritas daya beli. Tiongkok adalah satu-satunya negara adidaya manufaktur di dunia; mereka memiliki hampir seluruh rantai pasokan dunia.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar bagi lebih dari 120 negara. Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) Tiongkok melibatkan lebih dari 150 negara. Saat ini, 59 negara telah mendaftar untuk bergabung dengan organisasi BRICS yang dipimpin Tiongkok.

Baca Juga  Kerja Sama Semua Pihak Ungkap Identitas 12 Korban Maut Tol Cipularang

Dengan kata lain, Tiongkok memiliki pengaruh ekonomi yang sangat besar di seluruh dunia sehingga menjadikannya negara adidaya.

Tiongkok sudah menjadi kekuatan teknologi terkemuka di dunia. Institut Kebijakan Strategis Australia (ASPI) mengatakan Tiongkok memimpin dunia dalam 37 dari 44 bidang teknologi penting. Tiongkok diberikan lebih banyak paten teknologi dibandingkan gabungan Amerika Serikat dan Jepang! Menurut pemeringkatan CWTS Leiden, Tiongkok memiliki 16 dari 25 universitas terbaik secara global untuk penelitian ilmiah berkualitas.

Tiongkok kini memiliki angkatan bersenjata terbesar di dunia dan angkatan laut terbesar di dunia berdasarkan jumlah kapal. Tiongkok memiliki teknologi rudal hipersonik tercanggih, terutama untuk peperangan anti-kapal. Pesawat tempur siluman J-20 Tiongkok sangat fenomenal. Tidak akan lama lagi Tiongkok bisa mengejar Amerika Serikat secara militer.

Baca Juga  Geram Tidak Lolos PPDB Orang Tua Siswa Di Depok Ukur Jarak Rumah Dan sekolah Dengan Meteran

Tiongkok sudah memiliki kredibilitas diplomatik yang jauh lebih baik dibandingkan Amerika. Tiongkok menjadi perantara perjanjian perdamaian bersejarah antara Iran dan Arab Saudi. Tiongkok berteman dengan Afghanistan, Iran, Rusia, Arab Saudi, dan banyak negara lainnya.

Masyarakat Tiongkok sudah lebih aman, harmonis, dan stabil dibandingkan masyarakat AS. Secara politis, dukungan masyarakat Tiongkok terhadap pemerintah mereka jauh lebih besar dibandingkan dukungan masyarakat Amerika terhadap pemerintah mereka.

Sebagai perbandingan, Amerika Serikat adalah contoh utama sebuah negara…

√ merajalelanya tunawisma.
√ kekerasan senjata yang merajalela.
√layanan kesehatan yang buruk.
√pendidikan yang buruk
√Infrastruktur yang hancur
√kecanduan opioid
√penahanan massal
√meningkatnya kemiskinan
√rasisme sistemik
√menghancurkan utang negara
√gejolak politik (6 Januari 2021)
dll.

Baca Juga  Strategi Pendapat Ulung Purnama,SH,MH dalam Menerapkan Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2023: Kunci Sukses untuk Kualitas Pemerintahan yang Lebih Baik

Amerika kehilangan pengaruh global. Dunia sedang melakukan de-dolarisasi; petrodolar sudah mati. Amerika menjadi negara paria karena mendukung genosida di Gaza. Dunia mengabaikan sanksi AS terhadap Rusia. Militer AS kalah dari Houthi di Yaman sekitar Laut Merah. Kekalahan AS di Afghanistan membuat reputasi AS menjadi buruk.(Red)

Komentar