Wakil Bupati PALI Menghadiri Acara Penebaran Bibit Ikan Sebagai Bentuk Pelestarian Habitat Ikan Di Perairan Sungai Dan Danau

 

PALI – Sumatera Selatan ,Markaberita.id
Wakil Bupati PALI melaksanakan giat penebaran 80.000 ekor bibit ikan di Embung Desa Tempirai Selatan, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), jum’at (14/06/2024)

Dalam upaya melestarikan habitat ikan diperairan Sungai dan Danau, melalui Dinas Perikanan Kabupaten PALI, Menggelar gerakan Peduli Ekosistem dengan menebarkan ribuan berbagai jenis ikan air tawar di 5 Kecamatan Se Kabupaten PALI,

diantaranya jenis ikan Toman, ikan Baung, Dan ikan Jelamat (Kabarau)

Untuk wilayah Kecamatan Penukal utara dipusatkan di Embung Wisata Desa Tempirai Selatan, menebarkan Benih 80 ribu ikan jelamat (Kebarau) di serahkan Bupati Kabupaten PALI H.Heri Amalindo,MM melalui wakil Bupati H.Sumarjono.

Kegiatan yang dimotori Dinas Perikanan ini dihadiri Unsur Forkompinda, Muspika Penukal Utara,  Tokoh Masyarakat dan Nelayan ini terlaksana dengan baik.

Dalam arahan Wakil Bupati H.Sumarjono, mengajak warga PALI untuk lebih peduli pada lingkungan perairan dan menjaga kelestarian habibat ikan sehingga para Nelayan dan Masyarakat dapat meningkatkan pendapatan tangkapan ikan dan ekonomi keluarga.

“Penebaran ikan ini dilakukan untuk restocking atau penambahan jumlah ikan di perairan umum, yang bertujuan agar populasi ikan tetap terjaga dan memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat” jelasnya

Wakil Bupati juga menyarankan kepada Masyarakat PALI hendak selalu bersatu dengan mengedepankan Musyawarah untuk membangun Ekonomi  dan Mendukung Pembangunan diberbagai sektor di Bumi serepat Serasan ini.

Diwaktu yang sama Kadin Perikanan Ali Sadikin, Mendorong Masyarakat dan Nelayan untuk konsisten meningkatkan Hasil Tangkapan ikan dan menggalakan budidaya perikanan serta dapat menjaga keberlanjutan pembiakan ikan Jelamat ini.

“Saya mengharapkan Kabupaten PALI akan menjadi sentra penghasil ikan dapat bersaing dengan Daerah lain,”Harapnya.

Sementara Kades Tempirai Selatan Safikal Usman, mengucapakan terima Kasih atas dukungan Pemda PALI melalui Dinas Perikanan memberikan bantuan benih ikan pada Embung Wisata yang telah dirawatnya sejak 2 tahun terakhir ini.

“dengan adanya penebaran bibit ikan ini bisa memaksimalkan pencaharian Masyarakat, dan harapan saya sebagai Pemerintah Desa untuk sama menjaga dan melestarikan ikan tersebut,”tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *