Bitcoin (BTC) Melesat Tembus $65.000 USD Didukung Elektabilitas Donald Trump

Bitcoin (BTC) naik mencapai level USD 65.000 dengan peningkatan 6,35% dalam kurun waktu 24 jam terakhir dan menguat sekitar 20% dalam satu minggu terakhir, pada hari Selasa (16/7). Kenaikan harga di pasar kripto ini didorong oleh peristiwa politik, penurunan inflasi, pidato dovish dari Jerome Powell, dan juga akumulasi oleh manajer investasi.

Serangan terhadap Donald Trump, yang terjadi saat pertemuan umum di Pennsylvania pada hari Minggu (14/7), berdampak langsung dalam mempengaruhi pasar kripto secara global. Pasca kejadian tersebut, Bitcoin dan Altcoin mengalami lonjakan harga secara signifikan.

M Yusuf Musa, Head of Strategy Nanovest memaparkan bahwa “Dengan peristiwa yang terjadi kepada Donald Trump sebagai calon presiden Amerika Serikat yang dinilai pro terhadap aset kripto, membuat sentimen pasar bergerak secara reaktif ke arah bullish. Selain itu, apabila kita melihat ke momen sebelumnya, ada pula tekanan terhadap harga Bitcoin dikarenakan Negara Jerman menjual seluruh Bitcoin sitaannya yang sebelumnya disimpan oleh Kejaksaan Agung.” Ungkapnya.

Baca Juga  Meme Coin Potensial di Bulan Juli Menurut Bittime, Adakah MAGA?

Sumber: TradingView

Setelah kejadian tersebut, harga Bitcoin mengalami kenaikan yang signifikan, melewati level USD 61.000 dan terus naik ke $62.000. Kenaikan ini menyebabkan likuiditas di pasar derivatif. Menurut data dari Coinglass, dalam 24 jam terakhir, terjadi likuidasi sebanyak 40.252 perdagangan dengan total nilai likuidasi mencapai USD 119,16 juta. Analisis bitcoin hari ini, terupdate dan secara mendetail bisa ditemukan melalui aplikasi Nanovest, salah satu aplikasi investasi aset kripto dan saham amerika serikat yang lengkap dan mudah digunakan.

Hal serupa juga terjadi pada Ethereum (ETH) yang melesat 6,96% menjadi US$ 3.489 per koin. Sedangkan Binance (BNB) juga naik 6,82% dalam 24 jam. Sehingga BNB dibanderol dengan harga US$ 584 per koin. Namun keuntungan Bitcoin terlihat jauh lebih kecil dibandingkan dengan kenaikan harga yang dramatis dari koin meme terbesar yang terinspirasi oleh Trump setelah berita tersebut. TREMP naik sebesar 71%, TRUMP naik 39%, dan MAGA naik 33%. 

Baca Juga  Pemkab Tanah Bumbu dan Borneo Indobara Resmikan Masjid Ziyadatul Abrar

Data lain menyebutkan bahwa kenaikan 9,1% dan berhasil menembus batas resistance berulang kali, mencatatkan level harga tertinggi sepanjang sejarah, seperti yang dilaporkan oleh Financial Times. Awal tren bullish Bitcoin ini didorong oleh hasil dari debat capres AS di mana Joe Biden tampil buruk pada akhir Juni lalu. Tony Sycamore, seorang analis pasar dari IG Australia Pty, menyebut bahwa insiden yang menyebabkan cedera telinga kanan Trump telah memberikan momentum tambahan bagi Bitcoin. Dia juga menyatakan bahwa upaya pembunuhan terhadap Trump “Meningkatkan peluangnya untuk terpilih kembali.” ungkapnya.

Kemungkinan kemenangan Trump melonjak drastis setelah insiden ini. Di platform pasar prediksi kripto utama, Polymarket, para petaruh meningkatkan peluang Trump untuk memenangkan pemilu dari 60% sebelum insiden menjadi 71% secara langsung setelahnya. Polymarket mencatat bahwa peluang Trump mencapai puncak sepanjang masa pada hari Sabtu.

Rosenblum, salah satu dari pendiri GSR, memberi tahu Decrypt bahwa peristiwa ini telah menjadi pemicu penting untuk mempercepat pembelian Bitcoin. Rosenblum juga mengungkapkan bahwa “Volatilitas politik adalah katalis untuk pembelian Bitcoin, dan upaya pembunuhan terhadap calon Presiden AS merupakan penghinaan terhadap demokrasi secara global dan mengingatkan orang betapa rapuhnya status quo saat ini,”

Baca Juga  AnyMind Group merilis templates Social Media Planner

Saat ini, terlihat bahwa harga Bitcoin tetap kuat mengalami kenaikan setelah mengalami pemulihan pada Jumat pekan lalu. Pergerakan ini diperkirakan akan berlanjut hingga Bitcoin mencapai puncak harga tertingginya karena volume pembelian masih cukup kuat dan didukung oleh narasi yang sedang berkembang.

Pergerakan harga Bitcoin saat ini bisa kamu cek di aplikasi Nanovest dan Jika kamu tertarik untuk berinvestasi dan membeli aset kripto, aplikasi investasi Nanovest dapat menjadi pilihan yang tepat karena menyediakan lebih dari 2000 saham Amerika Serikat serta mempunyai lebih dari 600 aset kripto yang sangat lengkap. Nikmati kemudahan dan keuntungan berinvestasi di Nanovest! 

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES