Dorong Peningkatan Produktivitas Petani, Dinas Pertanian Kabupaten PALI Menggelar Sosialisasi Penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani

PALI, Sumatra Selatan,Markaberita.id Mendorong peningkatan produktivitas petani, Dinas Pertanian Kabupaten PALI Provinsi Sumatera selatan menggelar sosialisasi penumbuhan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) di Rumah Makan Sejahtera Handayani Pendopo Kecamatan Talang Ubi, rabu 10 Juli 2024.

 

Kegiatan yang dihadiri koordinator BPP, PPL, Poktan, Gapoktan, Penyuluh Swadaya dan berbagai unsur Kepala Bidang ini dibuka Kadin Pertanian melalui Sekretaris Dinas Ujang Sayib, disambut antusias peserta dan berjalan baik.

Dalam Pengarahan Sekretaris Dinas Ujang Sayib menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini hendaknya dapat dimaknai bagian menambah ilmu pengetahuan pertanian.

“Dan menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan produktivitas para petani,” ujarnya.

Sementara Khairullah Kabid Penyuluhan,  lebih rinci memaparkan materi sosialisasi yang bertemakan, melalui pembinaan kelembagaan petani, menjadi Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP),

“Pelaku utamanya diorganisasikan, ditingkatkan kapasitas managerial, Kepemimpinan, dan Kewirausahaan sehingga mampu menjadi agribisnis yang handal,” ucapnya.

Maka untuk mengemplentasikannya, Kabid Penyuluh ini langsung memandu Pembentukan Tim Pengembangan Organisasi Petani (TPOP) dengan komposisinya, 3 Koordinator BPP,  3 PPL dan 1 Penyuluh Swadaya, ( 7 Orang )

“Sehingga TPOP ini akan segera melakukan tugas dilapangan, diantaranya melaksanakan tugas meng indentifikasi masalah dan potensi Poktan, Gapoktan, KUB, Koperasi Petani, dan lainnya. Tentunya akan di pandu dengan Juknis dan Juklak  sebagai pedoman kerja TPOP,” terangnya.

Penulis:Anggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *