Mengenal Manfaat WhatsApp Business API Untuk Bisnis dan Perusahaan

Jangan sampai Anda membuat pelanggan menunggu lama bahkan berjam-jam untuk mendapatkankan informasi, jika tidak ingin kehilangan mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut, menggunakan WhatsApp Business API dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

WhatsApp Business API adalah platform yang dirancang khusus untuk membantu bisnis berinteraksi secara efektif dengan pelanggan melalui WhatsApp.

Berbeda dengan WhatsApp biasa yang digunakan secara personal, WhatsApp Business API dikhususkan untuk perusahaan untuk mengotomatisasi dan mengelola komunikasi dengan pelanggan dalam skala yang lebih besar dan terstruktur.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API Untuk Bisnis

Berikut adalah manfaat WhatsApp Business API untuk bisnis:

1. Interaksi Cepat dan Efisien

Pelanggan tentu merasa kesal jika pesannya direspons lambat dari perusahaan, terlebih untuk hal-hal mendesak seperti konfirmasi pesanan.

Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat membalas pesan secara otomatis dengan fitur autoresponder maupun menjawab semua pertanyaan umum pelanggan menggunakan chatbot.

Dengan begitu, Anda mampu mengurangi waktu tunggu pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pada WhatsApp Business API, tersedia juga lencana terverifikasi untuk akun bisnis yang memenuhi persyaratan mendapatkan centang hijau WA.

Centang hijau WA ini tentunya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis dimata pelanggan.

Baca Juga  Kampus UKM Mengembangkan Produk Binaan Baznas di DI Yogyakarta dan Balikpapan

3. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Melalui WhatsApp Business API, Anda dapat menjangkau banyak pelanggan secara dengan mudah menggunakan fitur WhatsApp Blast.

Anda bisa mengirimkan informasi penting seperti konfirmasi pesanan atau pesan promo langsung ke ribuan pelanggan Anda dalam sekali kirim dengan WhatsApp Blast tanpa harus menyimpan nomor pelanggan.

4. Personalisasi Pesan

Pesan Anda juga dapat dipersonalisasi dengan mudah untuk setiap pelanggan, seperti memanggil atau melampirkan nama pelanggan, nomor pesanan, nomor tiket, atau apapun secara otomatis,

Tentunya hal ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai sehingga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Analitik dan Pelaporan

Sulitnya dalam mengukur dan menganalisis efektivitas komunikasi bisnis dapat menghambat kemampuan perusahaan Anda untuk memperbaiki atau mengevaluasi strategi bisnis.

Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat memantau dan menganalisis interaksi dengan pelanggan lebih mudah.

Dengan data yang diperoleh, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih informasi dan mengoptimalkan strategi pemasaran dan layanan Anda untuk meningkatkan penjualan.

Dengan memanfaatkan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengatasi banyak dari tantangan komunikasi yang mereka hadapi, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperkuat posisi mereka di pasar yang kompetitif.

Baca Juga  Bittime Siapkan Stablecoin Baru Bernama UIDR, Resmi Kantongi Izin Bappebti

Langkah Mendapatkan WhatsApp Business API Untuk Bisnis

Adapun cara mendapatkan WhatsApp Business API untuk bisnis Anda, yaitu:

1. Memenuhi Semua Syarat Pendaftaran Akun WhatsApp Business API

Untuk memperoleh akun WhatsApp Business API, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bisnis Anda memenuhi semua syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh Meta.

Syarat-syarat tersebut termasuk:

a.) Bisnis tidak termasuk dalam kategori yang dilarang oleh Meta.
Contohnya, obat-obatan terlarang/narkotika, alkohol, senjata, layanan dewasa, barang palsu, perjudian, dan penjualan mata uang nyata, virtual, atau palsu.

b.) Memiliki dokumen legalitas perusahaan seperti SIUP, TDP, NIB, NPWP, serta tagihan air atau listrik.

c.) Memiliki website resmi yang terkait dengan bisnis atau perusahaan.

d.) Memiliki akun Facebook Business Manager.

e.) Populer atau dikenal masyarakat.

Syarat-syarat ini merupakan standar yang ditetapkan oleh Meta untuk memastikan bahwa setiap akun WhatsApp Business API yang diberi centang hijau adalah akun resmi dan terpercaya.

2. Bekerja Sama dan Menggunakan Layanan dari BSP WhatsApp

(Barantum.com, Salah Satu BSP WhatsApp Terpercaya di Indonesia)

Setelah bisnis Anda memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda kepada BSP WhatsApp. Barantum.com merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk BSP WhatsApp terpercaya di Indonesia. 

Baca Juga  Nikmati Kemudahan Pantau Sales Lapangan Dengan Barantum CRM Canvassing

BSP WhatsApp Barantum menyediakan berbagai layanan untuk mempermudah proses pendaftaran dan integrasi, serta memberikan dukungan teknis dan layanan pelanggan yang diperlukan.

Dengan WhatsApp Business API, bisnis Anda dapat memberikan layanan yang lebih cepat, lebih personal, dan lebih efisien. Langkah ini tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan komunikasi bisnis di era digital saat ini.

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengatasi berbagai tantangan komunikasi, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan memperkuat posisi mereka dalam persaingan pasar.

Untuk mendukung implementasi WhatsApp Business API dengan sukses, memilih mitra yang tepat sangat penting.

Kami merekomendasikan Barantum sebagai mitra resmi WhatsApp Business Anda.

Dengan tim dan dukungan teknis yang responsif, Barantum membantu perusahaan mengintegrasikan API dengan sistem Anda dengan lancar dan efisien.

Dengan Barantum sebagai mitra resmi, bisnis Anda dapat memanfaatkan semua fitur WhatsApp Business API untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan komunikasi dengan pelanggan.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES