Peresmian 2.664 Titik Air di Indonesia Kabupaten Garut Terima 9 Titik

 

Garut Markaberita.id

Garut Sukaresmi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut menghadiri peresmian 2.664 titik air di seluruh Indonesia oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Acara ini dilaksanakan secara virtual di Kampung Ciharinem, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, pada Selasa (30/7/2024).

Sekda Nurdin Yana menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program TNI-AD Manunggal Air yang diinisiasi oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

“Pak Kasad menginisiasi program ini, dan Alhamdulillah, Garut mendapat 9 titik dalam program TNI-AD Manunggal Air ini,” ujar Nurdin seusai acara.

Nurdin menekankan, bantuan sumber air ini sangat bermanfaat, khususnya bagi masyarakat Kampung Ciharinem, Desa Cintadamai, yang kondisinya memprihatinkan. Sekitar 70 kepala keluarga (KK) di daerah tersebut terbantu dengan adanya sumber air yang dibangun oleh Kodim 0611/Garut.

Baca Juga  Kementrian ESDM RI Resmikan Pemasangan PJUTS di Kabupaten Garut

Atas nama masyarakat, Nurdin mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, atas pemberian sumber air melalui program TNI-AD Manunggal Air.

“Air adalah kunci penting dalam kehidupan, termasuk untuk beribadah. Alhamdulillah, terima kasih atas nama masyarakat kepada pimpinan TNI, khususnya Pak Kasad, yang sudah menginisiasi program ini,” tuturnya.

Ketua RW 04 Kampung Ciharinem, Yadi Mulyadi, mengungkapkan, sebelum adanya titik air baru, warga harus menempuh jarak sekitar 1 kilometer untuk mendapatkan air bersih. Fenomena ini sudah berlangsung lama, terutama saat musim kemarau, warga pun harus berbondong-bondong mengantri untuk mendapatkan air bersih.

“Alhamdulillah dengan adanya program TNI Manunggal Air ya khususnya bagi warga kami sangat membantu, sebelumnya sangat susah sekali,” kata Yadi.

Baca Juga  Kejari Garut Promosikan Formasi CPNS Kejaksaan

Ia berharap ke depan ada tambahan titik air lagi melalui program pemerintah daerah atau program lainnya karena debit air saat ini masih kurang.

Berdasarkan data dari Kodim 0611/Garut, 9 titik air dalam program TNI-AD Manunggal Air tersebar di tiga kecamatan: Cikelet, Cilawu, dan Sukaresmi. Berikut rinciannya:

1. Kampung Cijambe RT 001 RW 002, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet

2. Kampung Pamotong RT 003 RW 008, Desa Cikelet, Kecamatan Cikelet

4. Kampung Citeureup RT 01 RW 11, Desa Cigadog, Kecamatan Cikelet

5. Kampung Ciharinem RT 05 RW 04, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi

6. Kampung Pasirpari RT 06 RW 05, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi

Baca Juga  PJ Bupati Garut Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Koperasi

7. Kampung Lowagede RT 01 RW 07, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi

8. Kampung Cigombong RT 02 RW 01, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu

9. Kampung Cikoneng RT 03 RW 04, Desa Mekarsari, Kecamatan Cilawu

Perum BPI RW 07, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu. (Ar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *