RevComm Raih Pendanaan Pra-Seri B US$10 Juta (Rp165,7 Miliar), Total Pendanaan Capai US$32 juta (Rp519,3 Miliar)

Image

Jakarta, 26 Juli 2024 – RevComm Inc., perusahaan B2B software-as-a-service (SaaS) yang mengembangkan inovasi kecerdasan buatan (AI) “MiiTel”, berhasil mendapatkan pendanaan Pra-Seri B senilai total 1,58 miliar yen, setara dengan US$10 juta atau Rp165,7 miliar, termasuk pendanaan melalui pinjaman. Dengan pencapaian ini, total pendanaan yang diperoleh RevComm Inc. mencapai 4,95 miliar yen, setara US$32 juta atau 519,3 miliar rupiah.

Putaran pendanaan Pra-Seri B RevComm melibatkan pemegang saham sebelumnya, yaitu Sony Innovation Fund by IGV, WiL, dan ALL STAR SAAS FUND, serta investor baru Salesforce Ventures dan tb Innovations. Putaran ini juga mencakup pinjaman dari “UPSIDER BLUE DREAM Fund,” yang dikelola oleh UPSIDER Capital, dan pembiayaan aset dari Money Forward Kessai.

Ini adalah pertama kalinya dalam empat tahun RevComm mengumumkan pendanaan sejak putaran Seri A pada Oktober 2020, di mana RevComm berhasil mengumpulkan total 1,5 miliar yen. Dalam periode tersebut, RevComm juga menerima pinjaman sebesar 1,7 miliar yen dari berbagai lembaga keuangan, termasuk Shoko Chukin Bank, SBI Shinsei Bank, Japan Finance Corporation, Shizuoka Bank, dan Mitsubishi UFJ Bank. Dengan pendanaan terbaru ini, total dana yang telah dikumpulkan oleh RevComm kini mencapai 4,95 miliar yen (sekitar Rp519,3 miliar).

“RevComm telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mendukung berbagai bentuk komunikasi seperti telepon, pertemuan online, dan tatap muka. Mereka konsisten menyediakan analisis data yang mendalam sesuai dengan tuntutan masyarakat digital. Sejak putaran Seri A, kami bangga menjadi bagian dari perjalanan ini sebagai pemegang saham dan berharap mereka terus memanfaatkan teknologi AI terbaru untuk menyelesaikan tantangan pelanggan mereka. Kami akan terus mendukung mereka,” kata Kazuto Hatano, Representative Director and President Sony Ventures.

Baca Juga  Hisense: Dari Sponsor hingga Dominasi Teknis dalam Sepak Bola

CEO RevComm Inc., Takeshi Aida menyatakan, “Sejak putaran pendanaan Seri A pada tahun 2020, kami telah mengoperasikan bisnis kami tanpa pembiayaan ekuitas, hanya mengandalkan arus kas operasional dan utang. Putaran pendanaan pra-Seri B ini telah dihimpun melalui pembiayaan mezzanine oleh CE, serupa dengan putaran pendanaan pra-Seri A pada tahun 2019. Ke depannya, kami akan terus mengoptimalkan neraca dengan fokus pada WACC dan secara aktif melakukan investasi untuk memaksimalkan pertumbuhan, dengan tetap memperhatikan efisiensi modal.”

Dana dari putaran ini akan digunakan untuk memperkuat pengembangan dan infrastruktur penjualan layanan analisis percakapan AI yang diciptakan oleh RevComm, yakni “MiiTel”. Selain itu, dana tersebut akan mendukung penelitian dan pengembangan layanan baru, ekspansi ke luar negeri, dan peningkatan infrastruktur organisasi.

Tampilan dashboard MiiTel untuk analisis percakapan online meeting

Pada saat pendanaan seri A di tahun 2020, RevComm baru memiliki satu produk, yakni MiiTel Phone, yang mampu menganalisis percakapan telepon secara otomatis dengan AI. Namun seiring perkembangannya, RevComm terus berinovasi dan meluncurkan produk baru, yaitu MiiTel Meetings dan MiiTel RecPod yang mampu menganalisis dan memvisualisasikan komunikasi suara dalam online meeting dan offline meeting, sehingga membantu meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Tidak hanya unggul dalam kemampuan analisisnya, MiiTel juga mampu merekam, mentranskripsi, hingga membuat notulen percakapan secara otomatis.

“Semakin populernya teknologi AI generatif, misi kami adalah mengubah data suara individu menjadi aset big data yang bernilai, menciptakan lingkungan di mana pengguna MiiTel dapat sepenuhnya memanfaatkan kemampuan AI. Dana yang kami peroleh melalui pendanaan ini akan digunakan untuk memperkuat layanan kami, mempercepat inisiatif di bidang data, dan mendorong pengembangan layanan baru yang memanfaatkan teknologi AI terdepan,” tambah Takeshi Aida.

Baca Juga  Wajib Tau! Ini Alasan Kenapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API

RevComm Inc. yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang, telah hadir di Indonesia sejak 2021 dan kini telah memiliki lebih dari 78.000 pengguna secara global yang berbasis di Jepang, Indonesia, dan Amerika Serikat. Di Indonesia, MiiTel telah dipercaya oleh banyak perusahaan-perusahaan ternama seperti Orang Tua Group, Astra International, BPJS Kesehatan, hingga Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Komentar Investor Lainnya

WiL – Partner, Mr. Toshimitsu Namba dan Investor, Mr. Yamato Sasakawa

Setelah berinvestasi di putaran Seri A, kami juga menambah investasi kami di putaran Pra-Seri B ini. Selama pandemi COVID-19, pentingnya pertemuan online semakin meningkat, mengubah cara komunikasi bisnis. Kini, dengan munculnya AI generatif, perhatian tertuju pada bagaimana data perusahaan, termasuk data suara, digunakan. Kami berharap, RevComm dengan visi mereka dari awal, akan terus memperbarui cara bisnis dilakukan di bawah prinsip mereka untuk ‘Reinventing Communication to create a society where people think of others’. Kami akan terus mendukung RevComm sebagai bagian dari tim mereka.

ALL STAR SAAS FUND – Senior Partner, Mr. Masayuki Minato

Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam putaran Pra-Seri B setelah putaran Seri A. Komunikasi online dengan pelanggan kini menjadi elemen penting dalam kegiatan penjualan. RevComm, sebagai pemimpin dalam AI suara dari Jepang, telah mengembangkan berbagai solusi untuk personalisasi komunikasi, baik melalui telepon, konferensi web, atau tatap muka, dan secara signifikan meningkatkan produktivitas tim sales. Kami sangat berharap RevComm akan terus memimpin di bidang AI suara dan SaaS di bawah kepemimpinan visinya yang luar biasa.

Salesforce Japan – Partner and Japan Head in Salesforce Ventures Japan, Mr. Ken Asada

Baca Juga  Aspire Luncurkan Rangkaian Fitur AI Canggih untuk Tingkatkan Efisiensi Operasional Bisnis di Asia.

Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam putaran ini setelah bertemu dengan Mr. Aida dan Mr. Suzuki dari RevComm awal tahun 2020. Kolaborasi kami dengan RevComm dimulai pada Desember 2021 dengan peluncuran MiiTel for Salesforce di AppExchange. Dengan semakin pentingnya penggunaan AI dalam semua aktivitas bisnis untuk keunggulan kompetitif, kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan RevComm untuk memperluas portofolio produk mereka yang berbasis AI suara.

tb innovations (Tokyo Boeki Group CVC) – Presiden Direktur, Mr. Kenmochi Takashi

Saat pertama kali bertemu dengan Mr. Aida dari RevComm, kami sangat terkesan dengan tekad dan visi jangka panjangnya. Visi RevComm untuk mengubah komunikasi bisnis dengan teknologi AI suara berpotensi membawa nilai baru bagi industri. Kami sangat memperhatikan upaya mereka dalam mengubah data suara menjadi big data, yang kami anggap sebagai keunggulan kompetitif di era AI generatif. Kami akan sepenuhnya mendukung perkembangan teknologi dan layanan RevComm untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan memberikan dampak besar bagi masyarakat.

UPSIDER Capital – Direktur Utama, Mr. Naoki Ishigami

Ketika berbicara dengan Mr. Aida, kami terkesan dengan semangat mereka untuk menggunakan kekuatan analisis dan pemanfaatan data suara untuk memulai revolusi bisnis melalui “suara x AI”. Dengan perubahan gaya kerja, komunikasi online telah menjadi hal biasa dalam aktivitas bisnis. Kami merasa terhormat dapat mendukung tantangan RevComm dalam meningkatkan produktivitas yang merupakan tantangan besar di Jepang. Kami akan mendukung misi mereka untuk ‘Reinventing Communication to create a society where people think of others’ dengan penuh semangat.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES