Priska Sahanaya Menguatkan Pendidikan Karakter Melalui Public Speaking Bersama AGATIS dan OHANA MIE di SD Saint Peter

Foto kebersamaan murid dan guru SD Saint Peter dalam acara workshop public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pentingnya Public Speaking Dalam Pendidikan Karakter Anak

Dalam masa tumbuh kembang anak, pendidikan yang berkualitas perlu menjadi ruang yang secara leluasa mampu membantu anak dalam proses pengenalan dan perkembangan potensi diri yang dimilikinya. Dengan dijalankannya pendidikan karakter salah satunya yaitu pendidikan karakter berbasis potensi diri, segala upaya dalam perencanaan dan pelaksanaan rangkaian pendidikan harus tertuju pada pemberian ilmu dan praktik-praktik bermanfaat dalam memberdayakan kemampuan anak dalam berpikir, bertindak, dan berwawasan luas. Memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak tidak luput dari peran-peran orang tua, guru, para ahli dan masyarakat yang bekerja sama untuk saling melengkapi dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak seperti nilai moralitas, kasih sayang pada diri sendiri, sesama, dan lingkungan, keteladanan dan perilaku, serta nilai kebhinekaan. Pendidikan karakter yang bertujuan jangka panjang ini perlu disadari secara penuh sebagai upaya bersama dalam merawat dan menjaga generasi anak bangsa yang cerdas dan berbudi pekerti luhur. Sehingga, sangat penting bagi setiap warga negara untuk dapat memastikan setiap anak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

Memahami pentingnya pendidikan karakter bagi anak membuat Coach Priska Sahanaya, salah satu pembicara ternama di Indonesia, menginisiasi program workshop public speaking yang diadakan di 1000 sekolah di Jakarta dari tingkat pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK. Coach Priska Sahanaya yang telah menyelenggarakan workshop public speaking bagi ratusan ribu siswa untuk merealisasikan pendidikan karakter melalui keterampilan anak dalam melakukan public speaking untuk menanamkan karakter anak yang percaya diri, kreatif, dan komunikatif. Kemampuan public speaking sangat penting untuk melatih keterampilan anak dalam berbahasa dan berbicara di hadapan umum serta menghadapkan anak untuk mampu melakukan problem-solving dan mampu mengendalikan emosi serta suasana agar secara cermat ide dan gagasan yang disampaikan anak dapat diterima dengan baik oleh audiensnya. 

Baca Juga  Ini 7 Brand Smartphone Terlaris di Aplikasi Akulaku di Sepanjang 2023

Workshop Interaktif yang Inspiratif

Potret murid SD Saint Peter yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan workshop. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pada 17 Juli 2024, Coach Priska Sahanaya berkesempatan untuk mengadakan workshop di SD Saint Peter dengan membawakan materi yang bertema “4 Teknik Presentasi.” Pada kesempatan tersebut, Coach Priska Sahanaya menjelaskan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dan dilatih para murid ketika melakukan presentasi. Untuk membuat materi menjadi lebih mudah dipahami dan berkesan bagi para murid, Coach Priska Sahanaya mengajarkan materi dengan metode belajar sambil bermain dengan mengintegrasikan permainan-permainan interaktif seperti memberikan poin bagi murid yang aktif dalam sesi tanya jawab dan berani maju ke depan kelas ketika diminta untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya. Di akhir acara, murid yang mengumpulkan poin terbanyak akan mendapatkan medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya. Hal ini tentunya mendorong partisipasi para murid yang berlomba-lomba dalam menunjukkan kemampuannya pada Coach Priska Sahanaya.

Para murid SD Saint Peter fokus dalam mengikuti lomba mewarnai bersama Agatis. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Acara workshop juga dimeriahkan oleh lomba mewarnai yang disponsori oleh Agatis. Agatis mengajak para murid untuk berkreasi dengan menunjukkan bakat seni yang dimiliki murid dengan menggunakan pensil warna Agatis yang nyaman digunakan dan memiliki pilihan warna yang cerah dan beragam. Sebagai brand stationery yang diproduksi dengan teknologi yang eksklusif, Agatis menjamin produk-produknya selalu yang berkualitas tinggi, ramah lingkungan, dan juga ekonomis. 

Baca Juga  Belajar dari Konsep Waiting Room dalam War Tiket Online Konser Coldplay

Selain itu, Ohana Mie juga turut mensponsori kegiatan workshop di SD Saint Peter ini. Ohana Mie merupakan brand makanan mie instan yang terbuat dari superfood spirulina, tanpa MSG, tanpa bahan pengawet dan bahkan tanpa proses penggorengan sehingga menjadikan Ohana Mie sebagai brand mie instan satu-satunya yang menyehatkan sekaligus lezat bagi anak-anak. Ohana Mie menjadi pilihan makanan praktis yang dapat dinikmati di kapan saja. Dengan kandungan 36 zat gizi dan antioksidan tinggi, dijamin membuat si kecil lahap dan tetap terpenuhi kebutuhan gizinya.

Testimoni Murid

Para murid SD Saint Peter sangat terkesan dengan pembawaan materi dari Coach Priska Sahanaya yang dapat meningkatkan rasa percaya diri murid untuk kedepannya tampil maksimal dalam melakukan kegiatan presentasi. Salah satunya seperti menurut Alicia, murid kelas 6 yang merasakan manfaat dari kegiatan workshop, “Aktivitas yang paling menyenangkan adalah kompetisinya karena bisa mengajarkan kita untuk mengatur waktu kita dengan baik. Aktivitas ini juga mengajarkan kita untuk menjadi lebih percaya diri dan juga dapat meningkatkan kemampuan interaksi kita dengan lebih baik lagi,” kata Alicia.

Testimoni Guru

Potret murid yang mendapatkan poin tertinggi selama sesi workshop berlangsung. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Guru-guru SD Saint Peter turut senang ketika mengamati kegiatan workshop yang interaktif tersebut, yang mana para murid diajak untuk saling memberikan dukungan positif yang mampu meningkatkan kepercayaan diri murid untuk berani mencoba melakukan public speaking. Guru-guru SD Saint Peter merasa penjelasan Coach Priska Sahanaya yang mudah dipahami dan dapat dengan mudah dipraktikkan oleh anak membuat workshop ini sangat dianjurkan untuk diadakan secara rutin di banyak sekolah.

Baca Juga  Puteri Indonesia 2024 berkolaborasi dengan BINUS SCHOOL Serpong Kampanyekan No Food Waste

Seperti menurut Miss Dila yang mengajar murid-murid kelas 6, ia berpendapat, “Saya pikir bagian yang paling menarik adalah murid-murid dapat mengetahui dasar-dasar tentang public speaking,” ucap Miss Dila.

Selanjutnya Miss Ni yang mengajar murid-murid kelas 3 turut memberikan kesannya, “Aktivitas yang paling menarik adalah ice breaking, itu sangat seru, dan kegiatan workshop-nya itu sendiri karena memberikan banyak informasi untuk murid dan juga guru mengenai bagaimana cara untuk berbicara dengan lancar dan percaya diri di depan umum,” ujar Miss Ni.

Pesan dan Harapan Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya berharap workshop public speaking yang diadakan di SD Saint Peter ini dapat membantu para murid untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri masing-masing murid yang memiliki keunikannya tersendiri. Coach Priska Sahanaya juga berharap kehadirannya tersebut dapat menginspirasi para murid untuk terus melatih keterampilan dan kepekaan murid dalam mengekspresikan diri dan menguatkan karakter anak untuk memiliki rasa motivasi tinggi agar terus menjadi murid yang berprestasi.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Priska Sahanaya
081389608249

Penulis: Anggi Tresna Santika