Kapolres PALI Hadiri Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT Pemilu 2024

PALI Sumsel,Markaberita.id–Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K, M.H, menghadiri kegiatan Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

 

Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP dan DPT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) PALI itu untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bupati dan wakil Bupati PALI itu berlangsung dihotel Srikandi dibilangan Handayani Mulya kecamatan Talang Ubi pada Jumat (20/9/2024).

 

Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin mengatakan, kehadiran dirinya dalam rapat pleno ini bertujuan untuk memastikan keadaan keamanan dan kelancaran acara berjalan dengan kondusif.

 

” Kita mendukung KPU dalam menyukseskan Pemilihan Umum yang Aman, Tertib dan Damai serta mengantisipasi potensi kerawanan yang mungkin terjadi ” ujarnya.

 

Rapat Pleno ini dihadiri oleh Bupati PALI diwakili oleh Asisten I, H. Andre Fajar Wijaya, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, S.I.K., M.H, Ketua KPU PALI Sunario S.E, Kasi Intel Kejari PALI, Rido Dharma, Kasat Intelkam Polres Pali, AKP Suandi, S.H, Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, Am.Kep, Komisioner KPU dan para tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Menyambut HUT Kota Pagar Alam Ke -23 Tahun, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

 

Ketua KPU PALI Sunario, SE, mengatakan, dilakukanya Rapat Pleno ini guna perbaikan data, yang mana beberapa waktu lalu ada selisih data, akan tetapi semuanya kerjakan dan telah kita input dalam aplikasi sistem informasi data pemilih.

 

” Proses rangkaian pemutakhiran ini lebih kurang telah berjalan selama 3 bulan, tentunya banyak temuan banyak masukan baik itu dari masyarakat dari partai politik maupun dari Bawaslu, semuanya itu telah kita akomodir dengan harapan data yang digunakan paling tidak mendekati angka kesempurnaan 99,9%,” kata Sunario.

 

Namun lanjutnya, pasti ada yang terlewatkan atau belum termasuk ke dalam DPT karena itu kami memastikan input data yang kami lakukan ini adalah kata yang akurat sesuai dengan Dejure atau fakta yang ada.

 

Sambung Sunario, Setelah semuanya selesai tahapan berikutnya kami akan menetapkan Bakal Calon menjadi Calon, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 22 September 2004, kemudian tanggal 23 September 2024 akan dilakukan pengundian nomor urut Paslon.

 

Baca Juga  SMA 07 Tambun Bekasi Kedatangan BNK Bekasi Gelar Sosialisasi Tentang Bahaya Narkoba

Setelah itu ujar Sunario, pada tanggal 25 September 2024 akan dilaksanakan Deklarasi Pilkada Damai, dengan menghadirkan semua unsur dari masyarakat, Paslon dan semua unsur-unsur yang terkait, agar pelaksanaan Pilkada di Kabupaten kali ini dapat berjalan lancar dengan damai dengan sejuk, sehingga tidak ada kejadian hal-hal yang tidak kita inginkan.

 

” Sedangkan untuk tahapan kampanye yang akan dilaksanakan oleh Paslon dimulai pada tanggal 25 September 2025 sampai dengan 23 Oktober 2024, yang tentunya pembagian zona Kampanye akan kami tuangkan dalam surat keputusan KPU PALI,” jelasnya.

 

Dengan demikian, agar kampanye berjalan dengan tertib dan aman, kemudian KPU PALI akan melaksanakan debat publik sebanyak tiga kali rencananya akan dilaksanakan di kota Palembang tentunya akan kita buat format-format baru agar tidak terjadi gesekan-gesekan antar Paslon dengan cara berkoordinasi dengan Akademisi, semoga Pleno hari ini berjalan dengan lancar dan diterima semua pihak,” tandasnya.

 

Adapun Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diputuskan dalam Rapat Pleno tersebut sebagai berikut:

 

Kecamatan Talang Ubi:

Baca Juga  Bey Machmudin: Optimalisasi Penanganan Pencemaran Sungai Citarum Mesti Tercapai pada 2025

. Jumlah TPS : 125

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 31.746

. Jumlah Pemilih Perempuan : 31.250

. Jumlah Total Keseluruhan Pemilih : 62.996

 

Kecamatan Penukal Utara :

. Jumlah TPS : 38

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 8.576

. Jumlah Pemilih Perempuan : 8.424

. Jumlah Total Keseluruhan Pemilih : 17.000

 

Kecamatan Penukal:

. Jumlah TPS : 44

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 10.848

. Jumlah Pemilih Perempuan : 11.056

. Jumlah Total Keseluruhan Pemilih : 21.904

 

Kecamatan Abab:

. Jumlah TPS : 37

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 9.974

. Jumlah Pemilih Perempuan : 10.185

. Jumlah Total Keseluruhan Pemilih : 20.159

 

Kecamatan Tanah Abang :

. Jumlah TPS : 48

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 11.361

. Jumlah Pemilih Perempuan : 11.493

. Jumlah Total Keseluruhan Pemilih : 22.854

 

Jumlah Total Pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada tahun 2024 Kabupaten PALI : 144.913.

. Jumlah Pemilih Laki – Laki : 72.505.

. Jumlah Pemilih Perempuan : 72.408.

 

Setelah dilaksanakan penandatanganan oleh Ketua KPU Kabupaten PALI beserta Komisioner KPU PALI pada Berita Acara Nomor : 209/PL.01-BA/1612/2024 tentang Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten PALI.(Hr/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *