Asri Ludin Tambunan, Dokter Spesialis Pertama yang Terima Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha

Asri Ludin Tambunan, Dokter Spesialis Pertama yang Terima Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha

 

 

Markaberita.id

 

*Nasional,-* Penghargaan Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha merupakan penghargaan bergengsi dari Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) yang diberikan kepada tokoh-tokoh pemuda berprestasi dan peduli terhadap pengembangan pemuda. Dari 27 penerima penghargaan tahun ini, dr. H. Asri Ludin Tambunan, M.Ked., Sp.PD., menjadi satu-satunya dokter spesialis yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

 

Dokter spesialis penyakit dalam ini dikenal memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan dan pemberdayaan pemuda, terutama di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan sapaan akrab “Dokter Aci,” ia aktif dalam berbagai kegiatan sosial, khususnya di bidang kesehatan, yang turut mendorong kemajuan masyarakat dan pemuda.

Baca Juga  Rumah Advokasi Rakyat Indonesia : Mari Wujudkan Pemilu 2024 Yang Bersih dari Hoax,Sara dan Exploitasi Golongan Tertentu

 

Sebagai tokoh pemuda dan calon Bupati Deli Serdang nomor urut 2, dr. Asri Ludin menegaskan bahwa peran pemuda harus diperkuat dan diberi ruang lebih luas untuk berkontribusi.

 

“Peran serta pemuda, khususnya di Deli Serdang, sangat strategis dan harus terus didorong agar menjadi penyeimbang kebijakan pemerintah. Banyak ide dan gagasan mereka yang perlu diakomodasi demi mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik,” ujarnya seusai menerima penghargaan di Jakarta, pada 15 Oktober.

 

Ia menekankan pentingnya keterlibatan pemuda dalam proses pengambilan kebijakan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 mencatat bahwa dari total penduduk Deli Serdang sebanyak 1.953.986 jiwa, sekitar 952.326 jiwa atau hampir 48 persen di antaranya masuk kategori pemuda dengan rentang usia 15-44 tahun.

Baca Juga  Pengungkapan Kasus Narkoba di Polres Batubara Tahun Ini Alami Peningkatan

 

“Jika melihat jumlah tersebut, hampir separuh penduduk kita adalah pemuda. Maka, ruang bagi mereka untuk menyalurkan ide dan gagasan harus semakin diperkuat dengan melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan,” tambahnya.

 

Dr. Asri Ludin juga menekankan bahwa peran pemuda perlu diperkuat di berbagai sektor, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan kesehatan.

 

“Pemuda adalah penggerak utama di berbagai lini kehidupan. Kita harus mendorong dan memberdayakan mereka agar lebih berperan aktif,” tegasnya.

 

Sebagai putra dari almarhum Amri Tambunan, mantan Bupati Deli Serdang, dr. Asri Ludin berkomitmen menciptakan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA), selalu melibatkan pemuda di dalamnya.

Baca Juga  1.318 Personel Polisi Amankan Penetapan Capres-Cawapres Hari Ini

 

“Kami ingin memberikan kesempatan dan ruang seluas-luasnya bagi pemuda untuk berkontribusi demi terwujudnya Deli Serdang yang Sehat dan Maju. Peran aktif mereka sangat kami harapkan,” tandasnya.

 

Sebagai informasi, penghargaan

 

Satyalancana Aditya Karya Mahatva Yodha

 

tahun ini diberikan kepada 27 pemuda di Indonesia yang dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan pemuda dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. *(RI-1)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *