Wujud Dukung Pilgubsu Damai 2024, Persatuan Islam Sumut Ajak Tidak Manfaatkan Isu Agama dan Sara

Wujud Dukung Pilgubsu Damai 2024, Persatuan Islam Sumut Ajak Tidak Manfaatkan Isu Agama dan Sara

 

Sumatera Utara,-

Markaberita.id- Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan November mendatang, Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Provinsi Sumatera Utara (PW Persis Sumut) gelar dialog kebangsaan dan deklarasi dukung Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) damai 2024.

 

Kegiatan yang bertemakan ‘Menjaga Kondusivitas dan Stabilitas Kamtibmas Dalam Menentukan Ulil Amri Terbaik’ tersebut, dilaksanakan di Aula Doktor Kopi, Jalan Selamat Ketaren, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (21/09/2024) sore.

 

Ketua PW Persis Sumut, KH. M. Nuh, MSP, diwakili sekertaris PW Persis Sumut, Surya Darma, S.Sos, pada sambutannya mengatakan, tujuan dan maksud dialog dan deklarasi tersebut untuk mengkampanyekan dan mengedukasi serta memberikan wawasan kebangsaan kepada publik dan terkhususnya kepada kader Persis, terkait pentingnya menjaga stabilitas Kamtibmas dan perlunya mendukung Pilgubsu damai 2024.

 

“Tujuan kita hari ini untuk menyatakan diri kita mendukung Pilgubsu 2024 yang damai, aman dan kondusif. Karena pesta demokrasi ini terjadi di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, wajib kita berkontribusi menciptakan kesejukan dan bersikap netral dan menghindari perpecahan ditengah-tengah masyarakat,” ucap Surya Darma.

Baca Juga  Semarak kemerdekaan HUT RI ke 79 Di Kampung Bakansari Desa Ciwareng Berlangsung Meriah

 

Sebelum deklarasi, kegiatan diisi dengan pemaparan materi ‘Wawasan Kebangsaan di Era Digital’ dari Dr. Danny Abrianto, S.Th.I, M.Pd dengan bermaksud memberikan pencerahan-pencerahan kepada kader PW Persis Sumut terkait pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan serta kondusifitas ditengah masyarakat jelang pelaksanaan Pilgubsu.

 

Dr. Danny dalam materinya menjelaskan, tujuan wawasan kebangsaan adalah untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat indonesia yang mengutamakan kepentingan Nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku Bangsa atau daerah. Kepentingan tersebut tetap dihargai agar tidak bertentangan dari kepentingan Nasional.

 

Diera digital, kata Dr. Danny, Media Sosial (Medsos) merupakan sebagai bagian dari tantangan keberagaman. Sebab, Medsos salah satu tempat penyebaran permusuhan dalam bentuk info hoax dan meme yang dapat memicu konflik.

 

Selain itu, Medsos juga dapat membuat oknum-oknum atau kelompok-kelompok intoleransi dan radikalisme pro kekerasan menyebarkan paham radikal yang pada akhirnya mengganggu kekondusifan ditengah berbangsa dan bernegara.

 

“Kita harus bisa menyaring informasi dari Sosmed supaya terhindar dari Hoax. Hati-hati dengan Hoax,” tegas Dr. Danny dengan memberi warning.

Baca Juga  Lia Penderita Kanker Tulang,Dapat Bantuan Biaya Pengobatan Dari BAZNAS Kabupaten Bekasi

 

Diketahui usai pemaparan materi, adapun poin-poin pernyataan sikap pada deklarasi yang dipimpin oleh sekertaris PW Persis Sumut, Surya Darma, yakni :

1. Pimpinan Wilayah Persatuan Islam Sumatera Utara berkomitmen untuk menjaga dan mengawal Pilgubsu tahun 2024 agar berjalan dengan aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

2. Mengajak semua lapisan masyarakat Sumatera Utara berpartisipasi aktif mendukung dan mensukseskan Pilgubsu tahun 2024.

3. Mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara yang memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab.

4. Mengajak semua pihak di Sumatera Utara untuk ikut aktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai aturan, berlangsung damai, jujur, adil dan bermartabat.

5. Mengajak semua pihak dan pemangku kepentingan, Paslon, Timses dan Parpol untuk bersikap sportif dan taat aturan, tidak memanfaatkan isu agama dan sara sebagai bahan kampanye negatif.

6. Mengajak seluruh lapisan masyarakat Sumatera Utara menjadikan Pilgubsu sebagai pesta demokrasi yang menjunjung perbedaan pilihan namun tetap mejaga persatuan dan persaudaraan.

 

Ditemui usai deklarasi, Surya Darma kepada awak media mengatakan, PW Persis Sumut akan terus berkoordinasi ke daerah-daerah untuk menyuarakan Pemilu damai, agar tercipta kondusifitas di Sumatera Utara yang selama ini telah terjaga.

Baca Juga  Proyek Siluman Rabat Beton Desa Bojong barat Diduga Melewati Banyak Tahapan Kontruksi

 

Surya Darma juga menyatakan bahwa pihaknya pada pelaksanaan Pilgubsu bersifat netral, dengan tujuan untuk menghindari gesekan-gesekan di tengah masyarakat. Bahkan, ia juga menegaskan, pihaknya akan mengecek postingan-postingan yang dikirim digroup, apabila ada terindikasi hoax, pihaknya akan menyampaikan bantahan ke Kominfo.

 

“Untuk masyarakat Sumatera Utara harus benar-benar memfilter atau menyaring berita-berita yang belum tentu kebenarannya, jangan percaya hoax,” kata Surya Darma dengan menghimbau.

 

Pantauan dilokasi, kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjut menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Persis, kemudian sebelum pembacaan pernyataan sikap deklarasi turut dilakukan pemaparan materi yang diwarnai dengan antusias tanya jawab peserta deklarasi.

 

Lalu diakhir kegiatan, tampak dilakukan pemberian sembako secara simbolis kepada kader PW Persis Sumut.

 

Tampak turut hadir pada deklarasi tersebut, Persistri (Persatuan Islam Istri), Pemuda Persis, Pemudi Persis, Himpunan Mahasiswa Persis (Hima), dan Himpunan Mahasiswi Persis (Himi). *(RI-1)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *