Mulai 4 Oktober 2024 Pemprov DKI Jakarta Sebar Nyamuk Wolbachia Untuk Tekan DBD

Jakarta,Matkaberita.id

Program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia akan mulai dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai 4 Oktober 2024. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan implementasi pertama ini akan dilakukan di Kecamatan Kembangan, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Hal ini disampaikan dalam diskusi terbuka program pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia, di Balai Kota DKI pada Rabu, 25 September 2024.

“Implementasi nyamuk ber-wolbachia rencana rilis akan kita lakukan pada tanggal 4 Oktober,” kata Ani.

Pelepasan nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia untuk menguatkan program pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD). Adapun pelepasan pertama nyamuk tersebut di Kecamatan Kembangan karena kawasan ini paling tinggi kasus DBD di Jakarta.

Baca Juga  Ditanya soal Dasar Hukum Sekolah Masuk Pukul 5 Pagi, Gubernur NTT: Kau Pikir Sendiri

Untuk implementasinya, nantinya nyamuk tersebut akan dititipkan dalam ember di rumah warga yang menjadi orangtua asuh. Ember berisi telur-telur nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia yang sudah disiapkan sejauh ini sebanyak 859 ember.

Proses penetasan telur akan memakan waktu selama dua pekan. Setelah itu, para orangtua asuh akan diberikan ember berisi telur nyamuk wolbachia kembali. Hal ini akan dilakukan berulang selama enam bulan, tandas Ani. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *