Paska Kekeringan Petani Kabupaten Bekasi Wilayah Utara Gelar Babaritan

Kabupaten Bekasi // Marka Berita.id.- Sebagai bentuk syukur Paska Kekeringan melanda Petani Kabupaten Bekasi wilayah utara Selenggarakan Babaritan juga santunan yatim piatu yang digelar langsung di bendungan pintu air Cikarang Bekasi Laut (CBL) Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

Tokoh Petani Bekasi wilayah utara Samanhudi mengatakan, perjuangan para petani saat ini sudah membuahkan hasil meski belum maksimal.

Babaritan ini sebagai bentuk rasa syukur petani yang kini mulai lega pasalnya, Kali Cikarang saat ini sudah dapat teraliri air sehingga Patani sudah dapat bercocok tanam kembali.

“Tradisi petani itu Babaritan atau sedekah bumi yang biasa dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT juga berbagi sma anak yatim. Sebab, sebelumnya sawah petani pada Kekeringan kini sudah dapat teraliri air dan sudah mulai bercocok tan padi lagi,”kata Samanhudi di lokasi Babaritan, Minggu (29/09/24).

Baca Juga  Giat Jum'at Curhat di Desa Babat, Polsek Penukal Abab Berikan Himbauan Kepada Masyarakat Mengenai Kamtibmas

 

Acara Babaritan kali ini kata Saman, diadakan di bendungan CBL BSH 0. Sebab, dari bendungan ini kali Cikarang dapat pasokan air.

“Kita patut bersyukur perjuangan para petani membuahkan hasil hingga menjadi perhatian dari kementrian, kepala daerah juga pemerintah desa. Semoga kedepannya Kekeringan tidak lagi melanda Petani khususnya bagian Utara,”ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi kinerja Pj Bupati Bekasi Dedi Supriyadi yang mau terjun langsung mengatasi kekeringan. Dengan demikian areal persawahan para petani kini sudah mendapatkan pasokan air.

“Yang paling membanggakan bagi Petani, Pak Pj Bupati Bupati Bekasi ikut turun tangan sehingga kekeringan dpat teratasi,”ungkapnya.

Sebelumnya, para petani di Kabupaten Bekasi wilayah utara mengalami Kekeringan. Bahkan demi mendapatkan air untuk mengairi areal persawahannya yang dilanda kekeringan ratusan Petani berjibaku gotong royong menciptakan bendungan buatan di kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Baca Juga  Jalan Pisangbatu, Sudah Rusak Perlu Perbaikan

Hal itu dilakukan ratusan para petani dari Kecamatan Sukatani, Sukakarya, Sukawangi, Cabangbungin, Muaragembong juga Kecamatan Karangbahagia yang notabene menjadi perlintasan kali Cikarang.

(Carim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *