Tri Adhianto Usulkan Sekolah Bertingkat untuk Atasi Keterbatasan Lahan di Bekasi

Markaberita.id || Bekasi, 18 Oktober 2024 — Calon Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menyampaikan solusi inovatif untuk mengatasi keterbatasan fasilitas pendidikan di wilayahnya. Dalam kegiatan Jumat Keliling di kawasan Harapan Jaya, Bekasi Utara, ia mengadakan silaturahmi bersama warga RW 13 setelah melaksanakan Shalat Jumat di Masjid Raya Al-Muhajirin.

Tri menyoroti persoalan ketimpangan jumlah sekolah di berbagai jenjang, khususnya di tingkat SMP dan SMA. “Saat ini, masih banyak kendala terkait penerimaan siswa karena jumlah sekolah menengah tidak seimbang dengan jumlah sekolah dasar. Kita butuh terobosan baru,” ungkapnya.

Ia mengusulkan konsep pembangunan gedung sekolah secara vertikal untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada. “Gedung SD yang ada saat ini bisa ditingkatkan menjadi dua atau tiga lantai untuk menampung SMP. Begitu juga, gedung SMP dapat dibangun lebih tinggi hingga empat lantai untuk mengakomodasi SMA,” jelas Tri.

Baca Juga  Polda Sumut Tetapkan Dokter Paulus Sebagai Tersangka, Kuasa Hukum Lakukan Prapid

Menurutnya, solusi ini tidak hanya mempercepat penyediaan ruang belajar tetapi juga mengatasi tantangan terbatasnya lahan di kota. “Dengan gedung bertingkat, kita bisa memanfaatkan lahan yang tersedia secara maksimal tanpa perlu melakukan pembebasan lahan, yang sering kali memakan waktu dan biaya,” tambahnya.

Selain efisien, konsep tersebut juga dinilai dapat meminimalkan potensi konflik terkait pembebasan lahan. Gedung bertingkat akan memungkinkan penambahan ruang kelas, laboratorium, dan fasilitas pendukung lainnya sehingga kualitas pendidikan di Bekasi dapat terus ditingkatkan.

Tri berharap, terobosan ini bisa menjadi langkah konkret dalam mempercepat pembangunan fasilitas pendidikan yang merata dan berkualitas di seluruh wilayah Bekasi.

(MR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *