Aipda Diki Nurul Rohman Gagas Layanan informasi  Dan Pengaduan Masyarakat ” Ada Bhabin

 

Purwakarta.jabar||

Markaberita.id – Perkembangan diera digital telah banyak memunculkan media informasi. Sayangnya, berbagai varian media tersebut hanya memposisikan masyarakat menjadi objek bukan sebagai subjek.

 

Masyarakat memang menjadi bagian dalam proses mengalirnya informasi, namun sebatas sebagai konsumen atau pengguna. Informasi yang dihasilkan oleh berbagai media, baik media sosial, tv dan media online lainya hanya mengalir searah menuju masyarakat. Ruang untuk menyalurkan informasi dari dan oleh masyarakat masih sangat minim.

 

Untuk menguatkan peran masyarakat dalam pertukaran informasi, seorang anggota Polisi Polres Purwakarta yang saat ini bertugas di Polsek Bojong sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cihanjawar yaitu Aipda Diki Nurul Rochman berinovasi dengan menuangkan gagasan layanan informasi dan pengaduan masyarakat yang bernama “ADA BHABIN”, layanan tersebut bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi dan pengaduan baik melalui panggilan telepon ataupun pesan whatsapp.

Baca Juga  Da celebration of wealth 120 free spins Vinci Expensive diamonds Trial Gamble Free Slot Video game

 

Kapolsek Bojong IPTU BUDIMAN, SH melalui Aipda Diki mengatakan, jika penyaluran informasi melalui Website hanya bisa di akses kalangan terbatas, tidak demikian dengan pesan Whatsapp yang sudah melekat dalam kehidupan masyarakat dan saat ini bisa dipastikan hampir setiap warga masyarakat memiliki telepon seluler.

 

Dengan layanan “ADA BHABIN” Bhabinkamtibmas bisa memberikan informasi Kepolisian atau pesan Kamtibmas dengan cara mengirim pesan di group Whatsapp “ADA BHABIN” yang didalamnya beranggotakan dari mulai Kepala Desa, staf, linmas, para tokoh dan warga masyarakat desa Binaan.

 

“Selain itu masyarakat juga bisa mengirimkan informasi kepada Kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas mengenai keluhan serta informasi lain yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat,” kata Aipda Diki.

Baca Juga  Enjoy A real income Black-jack Starburst win Online game On the internet

 

Ia menambahkan, penggunaan layanan “ADA BHABIN” ini cukup mudah dan sederhana, warga masyarakat cukup melaporkan pengaduan atau menyampaikan informasi lainya dengan cara mengirim pesan baik pesan ke Whatsapp pribadi ataupun ke group Whatsapp “ADA BHABIN”. Intinya untuk memudahkan dalam hal pertukaran informasi dengan masyarakat serta dapat merespon cepat untuk kemudian menindaklanjuti setiap informasi dan pengaduan dari masyarakat.

 

Pertukaran informasi melalui layanan “ADA BHABIN” ini merupakan salah satu sarana atau sebagai jembatan untuk memudahkan kinerja Bhabinkamtibmas agar lebih efektif dan efisien dan cepat menindaklanjuti segala informasi dan laporan dari masyarakat, lanjutnya.

 

“Secanggih apapun aplikasinya apabila tidak ada kesadaran dan keterbukaan dalam menyampaikan informasi oleh masyarakat, dapat dipastikan tidak akan terjadi interaksi antara Bhabinkamtibmas dengan warganya,” pungkasnya. *(Saepul.B)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *