Kanwil Kemenkumham Kalsel Safari Ramadan Ke Lapas Kelas IIB Banjarbaru

Berita Utama85 Dilihat

Markaberita.id – Banjarbaru, – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono melakukan Safari Ramadan ke Lapas Kelas IIB Banjarbaru dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al-Ikhlas, pada Selasa (28/03/2023), diikuti ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

 

Safari ramadan oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel ini juga sebagai bentuk monitoring pelaksanaan kegiatan ramadan serta keamanan dan ketertiban selama bulan ramadan di Lapas Banjarbaru.

 

Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh WBP Lapas Banjarbaru, dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan oleh Kalapas Banjarbaru dan sambutan dari Kepala Divisi Pemasyarakatan. Kemudian, tausiah agama dan doa bersama oleh Ustadz H. Fauzie, S.Ag.,dari Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru, serta Salat Magrib, Isya, dan Tarawih berjamaah.

Baca Juga  Jebakan Batman Ranperpres, Dewan Pers Ingin Jadi Lembaga Pemerintahan

 

Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang melaporkan kegiatan selama bulan ramadan hingga hari ke-6 berjalan dengan tertib dan lancar. Program pembinaan pesantren ramadan di Lapas Banjarbaru bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al-Falah Banjarbaru.

 

“Kegiatan pesantren Ramadan yang diikuti Warga Binaan, diisi oleh pembimbing dari Ponpes Al Falah Banjarbaru, sementara itu Salat Isya dan Tarawih menghadirkan Pemuka Agama dari Kemenag Banjarbaru. Kami harap, program pembinaan ini menjadi bekal pada saat menjalani masa pidana maupun ketika bebas nanti,” pesan Amico.

 

Sri Yuwono selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan mewakili Kepala Kantor Wilayah turut memberikan pesan sambutan, dengan menyampaikan kepada petugas dan warga binaan agar selalu meningkatkan ibadah, khususnya dibulan yang penuh rahmat ini.

Baca Juga  Menelusuri Peran Pendidikan dalam Membangun Peradaban Bangsa: Inspirasi dari Wakil Sekretaris Jenderal AMI

 

“Harapan kita sama-sama menjaga situasi dan kondisi Lapas agar tetap kondusif dan jangan mudah terpancing/terprovokasi dengan isu-isu yang negatif. Perlunya memupuk semangat gotong-royong untuk menciptakan kebersamaan dan memelihara kerukunan beragama dengan saling menjaga toleransi,” pesan Kadivpas.

Komentar