Kejamnya Fitnah Dunia: 4 Akibat Buruk Yang Ditimbulkan Oleh Perilaku Fitnah?

Berita Utama, Religi103 Dilihat

Markaberita.id – Apa yang kamu rasakan jika kamu dituduh melakukan perbuatan buruk yang tidak kamu lakukan? Tentunya, kamu merasa sakit hati, bahkan marah dan merasa tidak terima, bukan? Ya, fitnah merupakan perbuatan tercela yang pantang untuk kita lakukan. Sebab, fitnah dapat merusak nama baik seseorang. Selain itu, fitnah juga dapat menyebabkan berbagai akibat buruk, beberapa di antaranya adalah:

1. Menyengsarakan hidup orang yang tak bersalah

Tersebarnya suatu fitnah tentang seseorang tentu akan membuat hidupnya sengsara. Tak hanya itu, fitnah yang beredar juga akan menyerang mentalnya. Padahal, ia tidak melakukan hal yang dituduhkan kepadanya.

Hal inilah yang membuat fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Seseorang yang terkena fitnah, lantas orang-orang di sekitarnya percaya pada fitnah tersebut, kemungkinan besar ia akan dipandang rendah, dikucilkan, bahkan diusir dari tempat tinggalnya.

2. Merusak tali silaturahmi

Seseorang yang difitnah tentu akan merasa tersakiti hatinya. Ketika ia mengetahui siapa orang yang menyebarkan fitnah tentangnya, hal itu tentu akan menyebabkan hubungan mereka menjadi buruk dan merusak tali silaturahmi di antara keduanya.

3. Akibatnya berbalik pada diri sendiri

Sebagaimana perbuatan lain, seseorang yang tega melayangkan fitnah kepada orang lain, pasti akan mendapatkan balasan yang setimpal atas perbuatannya. Terlebih, saat perbuatannya memfitnah orang lain akhirnya terbongkar, tentu ia akan dijauhi oleh masyarakat dan tidak lagi mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekelilingnya.

4. Hukuman salah sasaran

Ketika seseorang difitnah melakukan perbuatan yang melanggar hukum, misalnya. Hal tersebut tentunya akan membuat orang yang tidak bersalah, menerima hukuman yang tidak sepantasnya ia dapatkan. Hukuman yang salah sasaran ini tentu akan berakibat buruk pada masyarakat. Sebab, orang yang benar-benar melakukan kejahatan justru bisa menghirup udara bebas.

Demikian empat akibat buruk yang ditimbulkan perilaku fitnah. Karenanya, alangkah baiknya apabila kita tidak serta merta memercayai informasi yang tidak baik terhadap seseorang sebelum mengetahui kebenarannya. Pun, jangan sampai terlintas di pikiran kita untuk memfitnah orang lain, terlebih jika fitnah tersebut bertujuan untuk menyembunyikan kesalahan kita sendiri.

Komentar