Siap Sambut Bulan Suci Ramadhan, KH Imam Mawardi Ridlwan : Masjid Harom Mekkah Awal Ramadhan 2023 dimulai Kamis 23 Maret

Daerah124 Dilihat

Jawa Timur, Markaberita.id – Dalam melakukan wawancara via saluran telpon pada Selasa (21/03/2023) Kemarin. Sekretaris IPHI Jawa Timur, KH Imam Mawardi Ridlwan yang sudah sepuluh hari berada di Madinah dan Mekkah.

“Saat ini dua kota suci sudah penuh sesak. Masjid bagian dalam sudah penuh di setiap sholat lima waktu dan sepekan terakhir ini sudah meluber ke halaman dan jalan-jalan. Mereka bersiap untuk menyambut datang bulan suci Romadhan”, tutur Kyai Imam.

Kapan awal Romadhon 2023 di Mekkah dan Madinah?

“Saat kami melakukan pertanyaan kapan awal Romadlon 2023 ke para masyayich di Masjid Harom Mekkah. Mereka hampir semua menjawab diprediksi awal Romadlon 2023 dimulai Kamis (23/03/2023). Kemungkinan besar hari Kamis sebagai awal Romadhon 2023, demikian jawaban mereka”, jelas Kyai Imam.

Baca Juga  Tahapan Pileg, Bacaleg dari Berbagai Partai Mulai Medical Check Up di RSUD Kabupaten Bekasi

Kyai Imam memaparkan bahwa di Arab Saudi awal Romadhon setiap tahun ditentukan oleh pemerintah dengan cara rukyatul hilal (melihat muncul bulan secara langsung). Otoritas penentuan awal Romadlon adalah pemerintah.

Kondisi cuaca di Madinah dan Mekkah tergolong dingin. Udara kencang dan dingin. Keadaan cuaca yang demikian menyebabkan para jama’ah umroh banyak yang flu, meriang dan batuk.

“Para jama’ah umroh sebaiknya selalu memperhatikan kesehatan agar dapat ibadah di bulan Romadhon 2023 dengan lancar dan berkah. Tips pertama, bahwa semua menu buka puasa dan sahur yang telah disajikan oleh katering adalah menu terbaik dan lezat. Sebaiknya para jama’ah umroh makan yang cukup.

Yang kedua harus bisa ngatur waktu istirahat. Hal-hal yang tidak penting perlu ditinggalkan sebaiknya untuk istirahat. Saat ini tampak jarak penginapan jama’ah umroh Indonesia banyak yang agak jauh maka harus dapat mengatur waktu terbaik. Ketiga sebaiknya banyak minum air zam-zam dan makan buah.

Baca Juga  Klarifikasi DLH Kabupaten Bekasi: Pengungkapan Fakta Anggaran 7 Milyar Tahun 2022

Para jama’ah sebaiknya milih minum air zam-zam yang galon bertulisan warna biru, “not cold”. Marhaban yaaa Romadlon judlana bil gufron”, jelas Kyai Imam.

Komentar