Sambut Idul Fitri 1444H, Lapas Banjarbaru Gelar Apel Kesiapan Pengamanan dan Simulasi Layanan Kunjungan Tatap Muka Bagi Warga Binaan

News, Berita Utama71 Dilihat

Markaberita.id – Banjarbaru, – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H, Lapas Kelas IIB Banjarbaru menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang dilanjutkan dengan Simulasi Layanan Kunjungan Tatap Muka dan Penitipan Barang Makanan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

 

Kegiatan dipimpin oleh Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang dan diikuti oleh Pejabat struktural eselon IV dan V, JFT, serta JFU mulai dari staf pegawai hingga petugas regu pengamanan yang berlangsung di halaman depan kantor Lapas Banjarbaru, pada Kamis (20/4/2023).

 

Bertindak sebagai pembina apel, Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang menyampaikan bahwa apel kesiapan pengamanan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan petugas serta meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan dalam menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 H.

Baca Juga  SMP Negri 1 Cabangbungin Adakan Ujian Sekolah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023-2024

 

“rekan-rekan sekalian, saya kembali mengingatkan apa yang menjadi arahan Bapak Menteri Hukum dan HAM RI pada Apel kesiapan kemarin untuk memastikan layanan terhadap warga binaan dan masyarakat tetap berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Amico menyampaikan bahwa Lapas Banjarbaru membuka layanan kunjungan tatap muka dan penitipan barang makanan bagi WBP selama dua hari, yakni hari kedua dan ketiga lebaran.

 

“pastikan sarana dan prasarana pendukung layanan kunjungan tatap muka dan penitipan barang makanan bagi WBP berfungsi dengan baik, mengingat layanan kunjungan ini dibuka kembali setelah tiga tahun ditutup akibat pandemi Covid-19,” tegasnya.

 

Mengakhiri arahannya, Amico berpesan agar seluruh petugas melaksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, apabila terjadi hal hal yang menonjol agar dapat segera dilaporkan.

Baca Juga  Ketua Presidium FPII Serahkan Sertifikat Kepada Peserta MUKERNAS FPII Ke-VII dan HUT FPII Ke-8 di Jakarta*

 

“saya harap kepada seluruh petugas Lapas Banjarbaru untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban serta meningkatkan pengamanan dan pengawasan demi kelancaran kegiatan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, baik di dalam lingkungan UPT maupun lingkungan luar disekitarnya,” pesannya.

 

Untuk mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi terjadinya gangguan kamtib, Lapas Banjarbaru telah berkordinasi dengan pihak POLRI dan TNI untuk back up patroli sambang dan pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H.

 

Usai Apel kesiapan pengamanan, Lapas Kelas IIB Banjarbaru menggelar simulasi alur layanan kunjungan tatap muka dan penitipan barang makanan bagi WBP bersama seluruh petugas.

Baca Juga  Camat Tanah Abang Hadiri Penutupan MTQ Ke-IV Tingkat Kabupaten PALI

 

Adapun dalam simulasi ini dilakukan penjelasan dan praktek setiap alur layanan kunjungan mulai dari pengambilan nomor antrian, pemeriksaan identitas dan kartu vaksin, pendaftaran, pengambilan kartu pengunjung, penggeledahan barang dan badan pengunjung, pemberian penanda pengunjung, hingga pengawasan saat kunjungan berlangsung.

Komentar