Family Support Group Upaya Lapas Narkotika Karang Intan Bebaskan Residen Rehabilitasi Dari Jeratan Narkoba

Daerah59 Dilihat

Karang Intan, – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, gandeng Yayasan Roemah Pelita Bangsa langsungkan kegiatan Family Group Support sebagai salah satu upaya untuk membebaskan Warga Binaan residen rehabilitasi terlepas dari ketergantungan narkoba, Selasa (09/5/2023).

 

“Pelaksanaan rehabilitasi sudah berjalan dari bulan Januari hingga saat ini, ada satu sesi di mana mewajibkan untuk keluarga hadir di tengah-tengah peserta rehab, yang tujuannya untuk saling mendukung dan menguatkan Warga Binaan kami agar semangat menjalani program hingga tuntas,” ucap Kepala Lapas Wahyu Susetyo sampaikan sambutan.

 

Di hadapan keluarga residen rehabilitasi yang hadir pada kegiatan family group support tersebut Kalapas menambahkan, peran aktif dan dukungan keluarga menjadi peran besar dan sangat dibutuhkan bagi residen rehabilitasi untuk pulih dari keadaan adiktif menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga  Bersama Bupati Kapolres PALI Hadiri Giat Operasi Pasar Murah dan Gerakan Pangan Murah

 

“Kita bisa membayangkan, ketika keluarga acuh dengan keadaan kalian di sini, tentu sedih dirasakan, sakit hati dan kecewa serta prustasi. Oleh karena itu tetap jaga komunikasi, terus beri support, karena berada di sini bukan akhir dari segalanya melainkan awal dari segalanya, rutinlah berkomunikasi dan berkunjung, kedatangan Bapak/Ibu di sini merupakan kebahagiaan bagi Warga Binaan,” tambah Kalapas.

 

140 Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan menjadi residen program rehabilitasi dan mengharuskan mereka mengikuti keseluruhan program selama satu semester atau enam bulan. Hadir langsung kelompok pendukung keluarga significant others atau orang-orang terdekat mendukung satu sama lain dalam menghadapi masalah adiksi yang terdiri dari keluarga inti, keluarga sekunder, dan sosial inti.

Baca Juga  Kontrol Wilayah, Kapolda Sumsel Irjen Rachmad Wibowo Sempatkan Ajak Anak Buah Ngopi Pagi

 

Pemateri pada kegiatan family group support memaparkan berbagai hal mengenai codependency yang relevan dengan kondisi mereka saat ini, di mana keluarga mereka sedang mengalami permasalahan berhubungan dengan penyalahgunaan narkoba.

 

“Codependency adalah suatu kondisi di mana orang-orang yang dekat di sekitar sang pengguna menjadi sangat terobsesi untuk memperbaiki keadaan si pengguna narkoba. Seorang yang codependency memiliki kesamaan-kesamaan cara berpikir dan sikap yang jika tidak mulai dikenalkan dan dirubah akan membuat masalah yang ada berlarut-larut dan bertambah parah,” ujar pemateri dari Yayasan Roemah Pelihat Musthofa Kamal.

Komentar