Pemkab Bekasi Kelola Anggaran Tambahan Genjot Perbaikan 143 Titik Jalan

Daerah107 Dilihat

TAMBUN SELATAN — markaberita.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus menggenjot perbaikan infrastruktur jalan pada sekitar 143 titik se-Kabupaten Bekasi dengan menambah alokasi anggaran tambahan dari bantuan APBN di tahun 2023 dan APBD Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2024.

 

Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas SDABMBK Henri Lincoln saat meninjau jalan di wilayah Kecamatan Tambun Selatan, pada Selasa (02/05/2023).

 

“Kalau sumber anggaran, kemarin kan kita sudah bertemu DPR RI, sudah ada kesiapan sekitar Rp 85 miliar untuk dua ruas jalan akan diturunkan tahun ini, sekarang kita bahas teknisnya dari bantuan APBN. Kemudian APBD Provinsi juga ada, tapi memang kemungkinan di tahun 2024,” terang Dani Ramdan saat bersama Sekda Dedy Supriyadi, meninjau perbaikan jalan pada Selasa (02/05/2023).

Baca Juga  Jelang Tahun Politik 2024, Jajaran Polda Kalsel Terus Tingkatkan Sinergitas dengan Stakeholder Terkait

 

Anggaran infrastruktur jalan ini jelas Dani, akan ada peningkatan di tahun ini dibanding tahun sebelumnya.

 

“Di daerah CBL, Gabus, dan Cibarusah, memang masih sedang dalam pembicaraan, tetapi sudah semakin mengerucut bisa dilakukan,” tambahnya.

 

Menurut Dani, banyaknya infrastruktur jalan yang rusak dikarenakan anggaran dua tahun lalu direfocusing untuk penanganan Covid-19. Selain itu kerusakan jalan terjadi karena banyak kendaraan yang melintasi ruas jalan di Kabupaten Bekasi bertonase tinggi.

 

“Oleh karena kita harus memastikan spek-nya itu betul-betul sesuai dengan yang kita rancang. Nah sekarang kita ada metode e-katalog. Ternyata di sana ada dua keuntungan untuk yang beton kita tidak ada banting-bantingan harga, kedua masa pemeliharaan bisa dua tahun, kalau hotmix satu tahun,” ungkapnya.

Baca Juga  Lantik 5 Pimti Madya, Yasonna Minta Buat Terobosan Kreatif

 

Dani meyakini apabila Pemkab Bekasi melalui persetujuan DPRD bisa memiliki sekitar Rp 1 triliun anggaran yang dialokasikan kepada pemeliharaan infrastruktur jalan, maka akan bisa cepat diselesaikan.

 

“Nanti dengan Dewan ya, makanya Dewan saya ajak, tapi Rp 1 triliun itu pemeliharaan atau perbaikan, belum pembangunan jalan baru, kalau mau jalan baru di atas itu,” jelasnya.

 

Strategi ini apabila sudah melalui persetujuan DPRD bisa dilakukan, terangnya, dengan membagi peran, seperti jalan lingkungan dengan mendorong Pemerintah Desa, dan APBD dialokasikan ke jalan Kabupaten.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Jalan pada Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto menyampaikan panjang ruas jalan Tambun Selatan – Cimuning yang akan diperbaiki sekitar 1,1 kilometer dengan lebar 5 meter.

Baca Juga  Soleman.SE Ketua DPC.PDI-Perjuangan Kabupaten Bekasi Perbaiki Rumah Warga Korban Puting Beliung dengan Dana Pribadi

 

“Di tahun ini juga ada perbaikan saluran sekitar 700 meter. Memang dari tahun kemarin sudah kita programkan perbatasan dengan kota, tahun kemarin kita sudah cor yang rusak parah, nah untuk menjaga kemantapan jalan yang rusak ringan, kita perbaiki biar ke depan Kalimalang tetap mulus,” jelasnya.

 

Sementara mengenai jalan yang akan diperbaiki Pemkab Bekasi di tahun 2023 ini, sambungnya, sebanyak 143 titik jalan Kabupaten.

 

“Yang sudah termasuk ke dalam SK ruas jalan Kabupaten, itu sama ada yang jalan baru jalan perbatasan Karangsatria ke arah kota yang jalan alternatif buat jalan tanggul, dengan total anggaran kurang lebih Rp 240 miliar,” terangnya.

Komentar