Satgas TMMD ke-116 Kodim 1002/HST Dikerjakan Abutment Jembatan

TNI -POLRI87 Dilihat

Barabai, Markaberita.id – Salah satu sasaran utama pembuatan jembatan di jalan sepanjang 2,382 meter kini mulai dikerjakan oleh Satgas TMMD ke-116 Kodim 1002/HST.Kamis (18/5/2023).

 

Anggota satgas TMMD dari satuan Zipur 8/GW Banjarbaru bersama warga masyarakat Hapulang mengerjakan abutment Jembatan.

 

Seperti dijelaskan oleh Kasilog Satgas TMMD ke-116 Kodim 1002/HST Kapten Czi Obet Subagiyo melalui kepala penerangan Satgas TMMD Lettu Inf Sutanto bahwa pembuatan abutment Jembatan ini berukuran 170 centimeter dari dasar sungai,”ucapnya.

 

Lebih lanjut Lettu Sutanto menuturkan bentang Jembatan 6 meter dengan lebar 2,44 centimeter ini menggunakan kontruksi besi baja, dan abutment cor besi Tulangan,”imbuhnya.

 

Abutmen adalah substruktur yang berada di ujung bentang jembatan untuk menopang Jembatan dengan bentang tunggal memiliki abutment di kedua ujungnya sebagai penahan beban tekan jembatan secara merata.

Baca Juga  Warga Cileungsi Hendak Tanam Pohon Pisang Temukan Ranjau Darat, Polsek Cileungsi Dan Gegana Polri Polda Jabar Lakukan Pengamanan

 

Fungsi abutment ini berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (Angin, kendaraan, dll) dan mati (beban gelagar, dll) pada jembatan.

 

Setelah pembuatan abutment selesai nantinya jembatan besi siap dilanjutkan dengan proses pemasangan Gelagar dan lantai serta pagar jembatan,”jelasnya.

Komentar