Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran

Ekonomi21 Dilihat

Pentingnya Social Media Analytics untuk Strategi Pemasaran

Media sosial menawarkan sejumlah besar konsumen yang siap berkomunikasi dengan merek. Media sosial merupakan tempat bagi konsumen dan merek atau perusahaan untuk saling terhubung. Media sosial juga memberikan kesan pertama dan terakhir bagi sebuah merek sehingga harus dapat membentuk persepsi yang baik kepada para konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan social media analytics untuk mengetahui respon dan kebutuhan market terkait dengan masing-masing brand supaya pesan yang disampaikan dapat tersalurkan dengan baik dan menciptakan kesan yang baik bagi para konsumen.

Social Media Analytics atau analisis media sosial adalah metode analisa untuk melihat respon dan opini pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan untuk meningkatkan keputusan bisnis strategi organisasi dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data audiens yang dibagikan di jejaring sosial. Online selalu dalam keadaan berubah-ubah, sehingga dibutuhkan analitik media sosial yang berkelanjutan untuk memperhitungkan fluktuasi pada media yang berkembang sangat cepat. Social media analytics yang efektif adalah yang dapat mengejar dan mengetahui keinginan pasar, mengetahui kompetitif dan konsumennya, serta pemantauan yang konsisten dalam melacak fluktuasi percakapan dari waktu ke waktu.  

Media sosial sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melihat tren perilaku konsumen yang relevan untuk perusahaan. Kegunaan social media analytics adalah:

1. Mengukur ROI dari marketer yang menggunakan media sosial

Social media analytics juga dapat mendukung kampanye yang dilakukan oleh marketer dengan menyediakan data untuk mengukur return of investment (ROI) berdasarkan traffic yang diperoleh dari berbagai saluran media sosial.

2. Meningkatkan pengambilan keputusan strategis

Social media analytics juga dapat digunakan para marketer untuk menganalisis kinerja masing-masing platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram untuk menentukan pesan yang akan disampaikan dan juga topik apa yang sesuai dengan target audiens nya. Ini juga dapat memberikan informasi demografis tentang audiens yang memungkinkan dapat meningkatkan upaya marketer dapat menargetkan di sektor tertentu dan secara efektif dapat meningkatkan brand awareness.

Baca Juga  Terra Drone Berinvestasi di Aloft Technologies untuk Masuk ke Pasar Amerika Serikat, Mendorong Pengembangan UTM Global

3. Dapat membandingkan kinerja media sosial kita dengan pesaing

Social media analytics bisa membantu perusahaan untuk mengetahui kinerja pesaing sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang depat untuk merebut hati konsumen. Perusahaan harus membandingkan diri mereka dengan pesaingnya dan juga rata-rata kinerja industri di bidangnya. Memiliki tolak ukur akan memberikan wawasan dan memungkinkan perusahaan untuk bisa melihat kinerja nya dengan rata-rata industri di bidangnya dan juga pada wilayah target pasarnya.

4. Memberikan efisiensi kinerja pada tim pemasaran

Dengan menggunakan social media analytics, tim pemasaran dapat menyederhanakan alur kerja mereka sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan tim untuk mendapatkan data dan informasi yang tepat sesuai dengan target pasar. Selain itu, social media analytics dapat memberikan informasi analitik yang baik dengan melaporkan berbagai macam metrik yang dibutuhkan untuk meninjau operasional pemasaran dan melihat data penting serta menemukan tren yang diperlukan untuk membuat strategi oleh tim pemasaran.

Dalam mengukur media sosial, ada beberapa metrik yang harus diperhatikan dalam social media analytics, seperti:

1. Performance Metrics

Dalam performance metrics ini yang dilacak meliputi interaksi lintas platform dan juga dari waktu ke waktu untuk menentukan apakah konten yang diposting benar-benar sudah melibatkan audiens, melihat apakah jumlah followers meningkat dari waktu ke waktu untuk memverifikasi peningkatan yang konsisten di seluruh platform, melihat rasio click through rate pada postingan.

2. Analisa Audiens

Hal ini sangat penting dalam memahami dan mengetahui taget audiens karena ini merupakan elemen terpenting dalam membuat strategi media sosial. Memahami audiens dapat membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dengan membuat konten yang sesuai dengan target yang diinginkan dan dicari oleh pelanggan. Hal ini juga dapat berpengaruh terhadap banyak sedikitnya iklan dan biaya yang dapat dioptimalkan apabila target audiens bisa dilakukan dengan tepat.

Baca Juga  VRITIMES dan InspirasiKalbar.com Berkolaborasi untuk Meningkatkan Jangkauan dan Kualitas Berita di Kalimantan Barat

3. Analisa Kompetitor

Untuk mendapatkan performance metrics yang baik, perusahaan juga harus bisa menganalisis kinerja kompetitor. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan bisa membandingkan kinerja media sosialnya dengan kinerja pesaing untuk mengukur efektivitas dan menentukan apa saja yang harus ditingkatkan.

4. Analisa Iklan Berbayar

Apabila perusahaan tidak mengetahui target audiens yang tepat serta pembuatan kontennya juga tidak tepat, maka penggunaan iklan berbayar akan sangat mahal. Social media analytics dapat memberikan analisis mengenai konten mana yang akan bekerja dengan baik. Analisa iklan berbayar ini juga dapat membandingkan dengan pengeluaran competitor sehingga perusahaan bisa memastikan bahwa penggunaan budget iklan sesuai dengan peluang dan target audiens.

5. Analisa Influencer

Saat ini banyak brand melakukan kolaborasi dengan para influencer sebagai bagian dari kampanye pemasaran perusahaan. Dengan menggunakan social media analytics, perusahaan akan mendapatkan wawasan mengenai metrik yang tepat dalam memilih influencer sehingga kampanye pemasaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam mempertimbangkan influencer, perusahaan bisa melihat dari total interaksi dibandingkan dengan followers influencer tersebut, jumlah postingan yang buat secara teratur, dan juga kolaborasi yang influencer tersebut pernah lakukan.

6. Analisa Sentimen

Mengumpulkan dan menganalisis sentimen pelanggan dapat membantu menghindari dugaan dalam membuat strategi pemasaran dan membuat konten apa saja yang paling sesuai dengan audiens. Analisa ini juga dapat menunjukkan jenis konten apa saja yang akan mendapatkan respons positif pada pelanggan. Jika terdapat sentiment negatif, tim pemasar harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi dan memperbaikinya sebelum menjadi lebih buruk.

Baca Juga  Terra Drone Indonesia Memberikan Pelatihan Drone dan Pemetaan Udara untuk PT Archi Indonesia Tbk

Apakah Anda seorang pemasar media sosial yang ingin lebih memfokuskan waktu, tenaga, dan anggaran Anda? Anda memerlukan alat analisis media sosial. PT VADS Indonesia menyediakan social media analytics untuk membantu Anda dalam melihat respons atau opini pelanggan dan juga mengukur campaign yang sedang dilakukan perusahaan Anda dengan cara menarik data dari semua channel baik dari media cetak maupun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya sesuai kebutuhan perusahaan Anda dengan tujuan memberikan laporan secara komprehensif mengenai brand sentiment, analisa kompetitor, customer insight, dan sebagainya. Hubungi [email protected] untuk informasi lebih lanjut.

PT. VADS Indonesia yang didirikan pada tahun 2008 merupakan bagian dari TM Company, Malaysia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing (BPO) dan Information and Communication Technology (ICT), PT. VADS menyediakan solusi – solusi terbaik untuk meningkatkan customer experience pelanggan anda. Dengan mengintegrasikan proses, teknologi dan sumber daya. Solusi yang disediakan PT. VADS meliputi : Contact Center Service Solution, Customer Service Learning Center, Omni-channel Strategy, Social Media Analytics, IT Managed Service, Smart Service, Cyber Security, dan Blockchain Secure Authentication. Hingga saat ini PT. VADS telah bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan yang terdiri dari Multi Industry Services seperti: Telco, Financial Service, Government, E-Commerce, Pharmaceutical, FMCG, dll. PT. VADS memiliki kantor pusat di Jakarta dan 3 kantor operasional yang terletak di Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Arum Tias Astiningsih
Public Relations Specialist PT VADS Indonesia
[email protected]
082177406930

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES