Kegiatan Rutinitas Yasinan Malam Senin Masjid Nurul Yaqin

Religi113 Dilihat

Banggai, Markaberita.id  – Yasin adalah surah ke 36 dalam Kitab Al-Qur’an dan terdiri dari 83 ayat, surah ini tergolong dalam surah Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekkah.

 

Surah ini berisi tentang peringatan Allah SWT dan Rasulnya, menyembah kepada Allah SWT, balasan untuk orang mukmin dan kafir, tanda kekuasaan Allah swt, dan peringatan Rasulullah SAW mengenai Neraka.

 

Surah Yasin ini sering di juluki sebagai jantung dari Al-Qur’an, hal ini di sebabkan karena surah Yasin mengandung makna yang cukup dalam, yakni mengenai di hidupkannya kembali makhluk ciptaan Allah swt.

 

Minggu malam 16 Juli 2023, rutinitas Yasinan di pimpin oleh Ustad Abdul Hamidi S.Ag, M.Pd sebagai imam utama Masjid Nurul Yaqin, kompleks Pasar Unjulan, kelurahan kilongan, Luwuk Utara.

Baca Juga  Sekretaris IPHI Jawa Timur: Buah Puasa Itu Taqwa

 

Yasinan merupakan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di masyarakat kita, biasanya di isi dengan membaca surah Yasin secara bersama-sama, mengirimkan Hajat do’a kepada orang tua yang sudah meninggal, atau saudara, kerabat yang sudah meninggal dunia.

 

Menurut Humas Masjid Nurul Yaqin,” bahwasanya yasinan merupakan kebudayaan bernuansa Islam yang berkembang di kalangan masyarakat Islam baik di Sulawesi, Jawa maupun Daerah lain, sebab istilah yasinan sendiri hanyalah penyingkatan kata yang biasa terjadi di masyarakat Islam adalah kegiatan membaca Surah Yasin,”ujarnya.

 

Panitia kegiatan Yasinan Masjid Nurul Yaqin selalu siap menerima hajat dari masyarakat Muslim yang mau di bacakan do’a kerabatnya yang sudah meninggal Dunia, alhamdulillah kegiatan Yasinan malam ini ada hajat dari keluarga Alm.Suparlan meminta di do’akan Ayah handanya yang sudah meninggal Dunia.

Baca Juga  Amalan yang Dianjurkan pada Malam Nisfu Sya’ban: Perbanyak Istighfar

 

Semoga Alm.Suparlan di terimah amal ibadahnya dan di tempatkan oleh Allah SWT di Surganya, Aamiin..🤲

Komentar