Mengurangi Ancaman Kejahatan Pentingnya Perbaikan Lampu PJU di sepanjang Jalan Buyut Khaifah Karangbahagia

Daerah130 Dilihat

Bekasi – Jabar || markaberita.id –

Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalan Buyut Khaifah yang menuju Kecamatan Karangbahagia hingga perbatasan Desa Sukajadi, Kecamatan Sukatani, diketahui tidak berfungsi dengan baik. Lampu PJU tersebut hanya menyala dalam keadaan spaning atau redup. Warga Desa Karang Sentosa, Kecamatan Karangbahagia, seperti Yoyon, mengeluhkan kondisi tersebut dengan alasan bahwa banyak terjadi kerawanan begal motor di sepanjang jalan tersebut.

Yoyon mengatakan, “Wah, lampu jalan hanya seperti hiasan yang dipasang tapi mati. Untuk apa dipasang jika tidak menyala? Saya bingung dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, hanya pada awalnya saja terlihat nyala, tapi kemudian tidak diperhatikan. Akibatnya, jalan ini rawan terjadi begal motor.”

Ketua Umum LSM Benkari, M. Rano Kaifah, juga angkat bicara terkait ketidakberfungsian PJU secara maksimal. Beliau menyatakan, “Seharusnya dengan adanya biaya perawatan yang dikeluarkan oleh Dinas Perkimtan Kabupaten Bekasi bidang Penerangan Jalan Umum, hal ini bisa diperhatikan dengan lebih baik.”

Baca Juga  Dengar Keluhan Masyarakat Polsek Penukal Utara Gelar Jum'at Curhat

Dalam hal ini, sangat disayangkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi tidak memberikan perhatian yang memadai terhadap masalah keamanan yang timbul akibat tidak berfungsinya PJU dengan baik di jalan-jalan umum. Kerawanan begal motor yang menjadi perhatian masyarakat seharusnya mendapatkan penanganan serius dari pemerintah setempat.

Kondisi ini memunculkan pertanyaan mengenai efektivitas dan efisiensi dana yang telah dikeluarkan untuk perawatan PJU di wilayah tersebut. Apakah semuanya sudah diarahkan dengan baik dan tepat sasaran? Apakah pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur Penerangan Jalan Umum telah dilakukan secara profesional dan bertanggung jawab?

Sebagai masyarakat, kita berharap pemerintah segera mengatasi permasalahan ini dengan segera. Pelayanan dan keamanan publik adalah tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Semua pihak perlu saling bekerja sama untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di jalan-jalan umum.

Dalam hal ini, Dinas Perkimtan Kabupaten Bekasi bidang Penerangan Jalan Umum seharusnya meningkatkan kinerjanya dalam hal pemeliharaan dan perawatan PJU di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi. Proaktif dalam mengatasi masalah yang timbul, termasuk peningkatan keamanan bagi pengguna jalan, khususnya untuk mengurangi resiko begal motor.

Baca Juga  Ratusan Bingkisan Dibagikan kepada Anak Yatim Oleh H. Irpan Haeroni,SM Di Perum Bhagasasi

Selain itu, masyarakat juga perlu berperan aktif dalam mengawasi dan melaporkan ketidakberfungsian PJU yang mereka temui. Komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat penting untuk memperbaiki kondisi ini.

Pemerintah juga perlu meninjau ulang kebijakan dan program yang ada. Evaluasi terhadap alokasi dana dan sumber daya yang digunakan untuk pemeliharaan PJU sangat penting dilakukan agar tidak ada lagi anggaran yang terbuang percuma. Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci dalam memastikan dana yang digunakan untuk kepentingan umum benar-benar efektif dan efisien.

Di masa depan, pemerintah juga bisa mempertimbangkan penggunaan teknologi yang lebih canggih untuk meningkatkan efisiensi dan pengawasan terhadap PJU. Misalnya, pemasangan sensor otomatis yang dapat mendeteksi keadaan lingkungan sekitar dan mengatur pencahayaan secara otomatis. Dengan demikian, PJU akan bekerja dengan efisien dan memberikan pencahayaan yang optimal bagi pengguna jalan.

Baca Juga  Lapas Cikarang Ikuti Kegiatan Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi

Kami berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas Penerangan Jalan Umum di sepanjang jalan menuju Kecamatan Karangbahagia. Keamanan masyarakat adalah prioritas utama yang perlu dijamin oleh pemerintah. Jika masalah ini tidak segera ditangani, resiko kejahatan dapat semakin meningkat dan masyarakat akan merasa tidak aman dalam menggunakan jalan tersebut.

Mari kita bersama-sama berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di jalan-jalan umum. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan ini. Dengan demikian, kita dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman tanpa adanya ketakutan akan bahaya yang mengintai, tutup Ketua umum LSM Benkari yang juga warga Desa Karangsentosa.(*)

Komentar