Pemdes Sukaindah, Adakan Pembinaan Kelompok Tani

Daerah148 Dilihat

Bekasi-Jabar || Markaberita.id

Dalam rangka meningkatkan silaturahmi sekaligus menambah wawasan tentang pertanian, Pemerintah Desa Sukaindah Kecamatan Sukakarya Adakan Pembinaan Kelompok Tani pada rabu, (06/09/2023) bertempat diaula desa sukaindah.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaindah Endang Syuhada, ST mengatakan kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan silaturahmi kepada para petani desa sukaindah, sekaligus pembinaan agar para petani memahami tentang pola tanam yang baik dan benar.
“Dengan pembinaan ini, semoga ada output untuk petani dan sehingga hasil pertanian lebih baik dan meningkat,”ucap Endang Syuhada,ST dalam sambutannya.

Dikatakannya, para petani khususnya didesa sukaindah saat ini sedang menghadapi musim kemarau yang notabene kekurangan air, sehingga bagaimana cara supaya lahan sawah dapat terairi.
“Hari ini kita hadirkan narasumber dari Penyuluh Pertanian,”tuturnya.

Baca Juga  Wujud Sinegitas Antara Polri,Pemerintah dan Masyarakat, Kades Sungai Baung Serahkan Senpira ke Polsek Talang Ubi dari Warganya

Lebih lanjut, Endang Syuhada mengutarakan menghadapi musim El-Nino yang diperkirakan berakhir oktober, maka dari itu para petani harus lebih fokus dan peduli terhadap irigasi dan pengairan.
“Desa hanya sebagai fasilitas, oleh karena sampaikan yang memang perlu untuk kemajuan pertanian,”bebernya.

Dirinya berharap, walau kondisi saat ini sedang musim kemarau, namun kita optimis dan semangat dalam mengolah lahan pertanian.
“Semoga pertanian di desa sukaindah lebih baik dan maju, serta hasil panen berkah dan melimpah,”harapnya.

Ditempat yang sama, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Sukaindah Aris Sukadam mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Sukaindah yang telah memfasilitasi kegiatan para petani.
“Alhamdulillah, hari ini kita dapat bersilaturahmi semoga silaturahmi ini dapat terjalin dengan baik,”ucapnya.

Baca Juga  Terima Kunjungan Pimpinan KKP Banjarmasin, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Faisol Ali: Tingkatkan Sinergitas

Saat ini, lanjut Aris Sukadam sedang menghadapi musim kemarau, sehingga para petani sangat sulit mendapatkan air dalam mengairi pesawahan.
“Musim El-Nino diperkirakan berakhir bulan oktober, sehingga perlu adanya sinergitas antara pemdes dan para petani,”jelasnya.

Petani Sukaindah, saat ini sedang menghadapi musim tanam oleh karena itu diperlukan pengairan yang sangat memadai, sehingga tanaman padi dapat terairi dan tumbuh sumbur.
“Ya kita tetap berusaha untuk para petani, agar hasilnya lebih baik dan maksimal,”tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kades Sukaindah Endang Syuhada, SE, Sekdes Sukaindah Asep Sardi, SKM, PPL Sukaindah Aris Sukadam, BPP Sukakarya Tardiyanto, Ketua Gapoktan Sukaindah A. Jamaludin serta Ketua dan Anggota Poktan Se-Desa Sukaindah.

Baca Juga  Polsek Penukal Utara Hadiri Giat Musrenbang Tingkat Kecamatan

(NL)

Komentar