Semarak Panen Raya P5 Di SDN Mekar Mukti 01 Cikarang Utara

Daerah139 Dilihat

Markaberita.id

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan Pembelajaran berbasis projek yang dilakukan di luar jam mata pelajaran. P5 merupakan bentuk perwujudan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, yang bertujuan tidak hanya menguatkan kompetensi mata pelajaran, tetapi juga memberikan pengalaman baru dengan menguatkan karakter-karakter profil pelajar pancasila. Siswa dengan dibimbing guru memilih projek berdasarkan tema yang ditetapkan pemerintah, salah satu nya tema kewirausahaan.

SDN Mekar Mukti 01 Cikarang Utara kab.bekasi Gelar “Panen Raya” Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) dengan Mengusung Tema “Menumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Ragam Budaya Indonesia & Kewirausahaan (Millennial Entrepreneur)”

Dimana semua yang di pamerkan adalah hasil karya siswa SDN Mekar Mukti 01 dari Kelas 1 hingga kelas 6, tak hanya memamerkan Karya anak-anak, namun para siswa-siswi SDN Mekar Mukti juga menampilkan beragam kesenian Tari adat, tari Tradisonal hingga Fashion Show dengan menggunakan pakaian adat dari beberapa daerah yang ada di indosesia.

Baca Juga  Rakor Bersama SKK Migas, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmad Wibowo Komitmen Tindak Tegas Illegal Drilling dan Illegal Refinery

Acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini digelar selama 2 hari yaitu dimulai dihari senin tanggal 11 Desember 2023 dimana para siswa memerkan hasil karya berupa kerajinan dari barang bekas, dan pentas seni tari budaya hingga Fashion Show, dan tanggal 12 Desember 2023 nantinya siswa-siswi akan melaksanakan Market day, anak-anak akan berjualan dengan hasil masakannya masing-masing.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SDN Mekar Mukti 01 Iyam Mariyam S.Pd.M.M mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan kurikum nasional yang saat ini diterapkan yakni implementasi kurikulum merdeka.

“Yang mana difokuskan kepada para siswa bisa mengaktualisasikan proses belajar mengajar dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, dari sini nantinya para siswa dapat mengembangkan potensi dirinya masing-masing untuk selalu melakukan sesuatu yang terbaik saat berada dalam lingkungan masyarakat.Dirinya berharap dengan kegiatan ini para pelajar dapat mengaktualisasikan filosofis Ki Hajar Dewantara yakni mewujudkan anak merdeka dalam belajar.

Baca Juga  Pores PALI Lakukan Pengamanan Di Gereja HKBP Pendopo Saat Umat Kristiani Berkumpul Dalam Ibadah Sambut Pergantian Tahun

Lanjutnya, Penguatan profil pelajar pancasila (P5) ini digelar juga untuk menambah semangat orangtua siswa dalam membimbing putra-putrinya khususnya dalam penguatan karakter dalam nilai-nilai pancasila, Ia juga berharap, potensi-potensi yang ada pada siswa terutama pada bidang seni budaya nantinya memiliki nilai ekonomi dan layak dijual.

“Saya selaku kepala sekolah di SD Negeri Mekar Mukti 01 mengucapkan terimakasih kepada semua pihak termasuk pada orangtua siswa yang telah mendukung kegiatan pada hari ini,” Tutupnya.

Terpisah, Salah satu satu orangtua murid juga mengparesiasi kegiatan Panen Raya, “acara Ini membangkitkan semangat belajar peserta didik baik di dalam maupun di luar kelas. Dimana kita ketahui bersama bahwa anak-anak belajar di lingkungannya, belajar secara kontekstual dan berkolaborasi sesama peserta didik yang lain dan serta kompak. Kebanggan juga dirasakan oleh guru dan orang tua yang hadir,” tegasnya.

Baca Juga  Selamat Ultah ke 51 Tahun Untuk Kapolda DIY Irjen.Pol Suwondo Nainggolan

RS

Sumber : DPC AWIBB Bekasi Raya

Komentar