Diduga Proyek Kolam Ikan Lele Bantuan Untuk Disabilitas Nagan Raya, dikerjakan Asal-asalan

Daerah155 Dilihat

Diduga Proyek Kolam Ikan Lele Bantuan Untuk Disabilitas Nagan Raya, dikerjakan Asal-asalan


Nagan Raya, Markaberita.id – Pembangunan Kolam ikan lele untuk penyandang disabilitas Kabupaten Nagan Raya mengecewakan karena diduga banyak yang tidak sesuai harapan.

Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) menduga adanya sejumlah kejanggalan dan permainan dalam proses penyalurannya, Anggaran yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) dengan jumlah anggaran mencapai Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) seharusnya dikelola secara swakelola oleh kelompok disabilitas justru dilakukan proses tenter oleh dinas terkait.

Ketua PPDI Kabupaten Nagan Raya Ali Efendy mengungkapkan, bahwa dinas yang seharusnya membina kelompok disabilitas justru mengambil alih dengan memberi kepada pihak ketiga dalam pembangunan tersebut, ujar Ali

Baca Juga  LSM MPPN Akan Laporkan Oknum Pemilik Perusahaan Pers di Kawarang Sebut Membekingi Proyek Pemkab

“Di Nagan Raya seharusnya dengan adanya PPDI bisa dilibatkan dalam proses pembinaan dan penyaluran banguan tersebut agar terorganisir proses pembinaan terhadap kaum disabilitas, ungkapnya.

Pekerjaan pembuatan kolam ikan lele bagi disabilitas Nagan Raya, dikerjakan Asal-asalan foto: Istimewa

Pihak PPDI menemukan beberapa kejanggalan lain dalam proses ini, seharusnya pembangunan kolam itu ada di 9 ( sembilan ) kecamatan. pihak dinas pertama meminta kepada ppdi agar menunjukkan lokasi pembangunan kolam sekitaran Sukamakmue agar pembinaan nya mudah terjangkau nantinya.

Ali menyebut adanya indikasi dan dugaan dalam pembangunan yang dilakukan banyak kejanggalan dan tidak sesuai spesifikasi yang dibangun dimana dari 16 kolam atau penerima mamfaat tidak sama, hal lain juga kami menemukan proses pembangunan dengan anggaran tahun 2023 banyak yang tidak siap tepat waktu bahkan proses serahterima dilakukan dijanuari 2024 karena sejumlah kolam dan penyaluran ikan siap di bulan Januari 2024.

Baca Juga  Bey Machmudin: Pemilu di Jabar Lancar

“Dugaan kami juga pihak organisasi penyandang disabilitas sengaja tidak dilibatkan agar tidak ada pihak yang bisa mengawasi serta mengontrol proses penyaluran bantuan dan pembangunan kolam ikan lele. Kami hanya dilibatkan waktu pengambilan titik koordinat pembangunan kolam saya, kata Ali Efendy Ketua PPDI Kabupaten Nagan Raya, Selasa (16/01/2024).

Ketua PPDI di kabupaten Nagan Raya meharap kepada pihak aparat penegak hukum ( APH ) menindak lanjuti permasalahan pembangunan kolam ikan lele Sangkuriang milik kelompok PPDI, agar ada peningkatan ekonomi masyarakat disabilitas nantinya. (Red)

Komentar